Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Inalum Ajukan Penundaan Proyek Smelter Freeport di Gresik

Inalum Ajukan Penundaan Proyek Smelter Freeport di Gresik Kredit Foto: En.wikipedia.org
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dirut Inalum, Orias Petrus Moedak, menyampaikan bahwa Inalum tengah mengupayakan permohonan penundaan proyek pembangunan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Kami meminta kelonggaran untuk meminta penundaan proyek smelter yang nantinya akan berdampak pada ekspor tembaga dan juga penerimaan negara," ujar Orias dalam RDP dengan Komisi VI DPR, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga: Dipinang Inalum, Vale Rombak Lagi Jajaran Petinggi

Orias mengatakan, penundaan tersebut berkaitan dengan dampak adanya pandemi Covid-19 yang memukul berbagai sektor perekonomian termasuk pekerjaan lapangan.

"Untuk membangun smelter tersebut, Inalum sudah mendapat pinjaman dari beberapa bank dengan nilai sekitar 2,8 miliar dolar AS dan sudah memasuki tahap akhir. Namun, dengan adanya Covid-19 ini, dilakukan penjadwalan kembali," kata Orias.

Pada jadwal pertama seharusnya smelter tersebut dapat diselesaikan pada tahun 2023. Namun dengan penundaan tersebut, ia memperkirakan akan selesai setidaknya pada tahun 2024.

Sebelumnya, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta proyek strategis pembangunan fasilitas pemurnian (smelter) PT Freeport di Gresik, Jawa Timur, dipercepat penyelesaiannya agar segera memberi manfaat nyata bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: