Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Siap Tawarkan Lima Blok Migas

Pemerintah Siap Tawarkan Lima Blok Migas Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam waktu dekat akan melakukan penawaran wilayah kerja (WK) migas tahap I. Sebanyak lima WK akan dilelangkan dalam putaran ini.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menyatakan, lelang WK migas ini akan diumumkan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. "Nanti Pak Menteri akan umumkan. Ada 5 (WK) dulu yang ditawarkan. Harapan saya, tahun ini ada 15 WK yang bisa ditawarkan," ujar Tutuka di Jakarta, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: BPH Migas Minta Pertamina Jaga Ketersediaan BBM

Dalam penawaran WK migas ini, kata Tutuka, pemerintah tidak lagi memisahkan WK migas konvensional dan nonkonvensional (MNK). Ini sesuai dengan aturan baru yang tengah digodok, di mana KKKS yang mengelola WK konvensional juga dapat sekaligus mengelola MNK.

Tutuka menambahkan bahwa WK migas yang akan dilelangkan tersebut merupakan penundaan tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Penawaran WK migas ini juga memberikan fleksibilitas bentuk kontrak kepada KKKS yang mengacu pada Permen ESDM No. 12 Tahun 2020.

Fleksibilitas ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi KKKS untuk menyesuaikan dengan portfolio perusahaan, memberikan alternatif pilihan untuk berhitung sebelum memutuskan berinvestasi, tentunya dengan pertimbangan kelebihan masing-masing bentuk kontrak.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: