Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Geothermal (PGE): Turn Around PLTP Kamojang Selesai Lebih Cepat dari Jadwal

Pertamina Geothermal (PGE): Turn Around PLTP Kamojang Selesai Lebih Cepat dari Jadwal Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Waktu pelaksanaan Turn Around Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang lebih cepat sembilan hari untuk Unit-4 dan lebih cepat enam hari untuk Unit-5 dibandingkan waktu yang telah dijadwalkan sebelumnya.

General Manager Area Kamojang, Dradjat Budi Hartanto, mengatakan bahwa awalnya, PLTP Unit-4 dijadwalkan melakukan Turn Around selama 28 hari. Namun, dalam realisasinya, dapat diselesaikan selama 18 hari, 17 jam, dan 29 menit. Sementara, PLTP Unit-5 yang semula dijadwalkan selama 25 hari, pada tahap pertama berhasil diselesaikan selama 9 hari, 4  jam dan 11 menit dan tahap kedua diselesaikan selama 9 hari, 20  jam, dan 47 menit.

Baca Juga: Pertamina EP Cepu Rampungkan Drilling di JTB Lebih Cepat dari Target

Dia memastikan, pelaksanaan kegiatan tersebut juga selalu memperhatikan aspek HSSE termasuk pelaksanaan protokol Covid-19. Kata Dradjat, pelaksanaan Turn Around berjalan lancar, aman, dan berhasil selesai lebih cepat dari target waktu yang ditetapkan sehingga menjadi penutup tahun 2020 dan pembuka tahun 2021 yang cukup membanggakan bagi Area Kamojang.

"Pelaksanaan Turn Around dilakukan dengan pengelolaan HSSE dan mitigasi Covid-19 yang ketat. Salah satunya dengan melakukan upaya mitigasi dini berupa pengaturan protokol masuk lokasi dengan menyampaikan rapid test nonreaktif maks 3 hari sebelum tiba; melakukan screening di fungsi medical PGE Area Kamojang; mendapatkan induction, dan setelahnya baru diizinkan masuk lokasi," kata Dradjat lewat keterangan tertulis, Kamis (14/1/2021).

Drajat menuturkan, PGE Area Kamojang telah menerapkan secara rutin pemeriksaan kesehatan harian (daily checkup) sebelum bekerja di antaranya pemeriksaan temperatur tubuh, pemeriksaan tensi, dan pengawasan melalui Covid Ranger.

Menurut Drajat, sinergi yang baik antara tim PGE dan kontraktor menjadi kunci sukses pelaksanaan Turn Around PLTP Unit 4 dan Unit 5 PGE Area Kamojang di masa pandemi Covid-19.

"Adapun PGE Area Kamojang mengembangkan energi bersih panas bumi dengan kapasitas terpasang 235 MW yang disalurkan ke Jaringan Transmisi Listrik Jawa–Bali, yang berkontribusi menerangi sekitar 260.000 rumah," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: