Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Cek Kesehatan Jaringan Gardu Ibu Kota agar Tak Ada Pemadaman

PLN Cek Kesehatan Jaringan Gardu Ibu Kota agar Tak Ada Pemadaman Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT PLN melalui Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) sebagai pengelola aset transmisi, melakukan pemeliharaan jaringan transmisi dan gardu induk secara berkala untuk menjaga keandalan pasokan pada sistem kelistrikan Jakarta hingga ujung barat pulau Jawa.

Salah satu gardu induk yang memiliki peran vital dalam mensuplai kelistrikan Ibu Kota pada khususnya dan sistem kelistrikan Jawa Bali adalah Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Gandul. GITET Gandul mulai beroperasi sejak 1984 dan merupakan salah satu project 500 kV pertama di Indonesia.

Baca Juga: PLN-BPPT Teken MoU Tingkatkan Penggunaan TKDN Nasional Ketenagalistrikan

"Kegiatan operator gardu induk yang dilakukan secara berkala adalah melakukan thermovisi dengan alat thermogun hal ini dilakukan untuk mengukur suhu pada peralatan di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET), jika ditemukan adanya kondisi yang tidak normal atau anomali maka inspeksi dilanjutkan ke tahap berikutnya," kata General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat Erwin Ansori dalam keterangannya, Kamis (25/2/2021).

Sedangkan untuk penggantian material cadang utama dilakukan secara terencana untuk mencegah terjadinya gangguan.

“Saat ini kami sedang melaksanakan pemeliharaan level 1, pemeliharaan ini dilakukan untuk memastikan kondisi peralatan yang ada di GITET Gandul dalam kondisi prima," kata Erwin.

Erwin juga menjelaskan, untuk pemeliharaan level 2 biasanya PLN akan melakukan pemadaman listrik untuk melakukan pengujian CT, apabila hasil pengujian mendapatkan hasil yang baik maka siap diberi tegangan kedepan untuk dilakukan penyalaan kembali.

GITET Gandul mendapat suplai energi listrik dari dua sistem pembangkitan yaitu sistem barat dan sistem timur. Dari sistem barat GITET Gandul disuplai dari pembangkit suralaya melalui Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV Gandul-Lengkong 1 dan 2. Dari sistem timur GITET Gandul disuplai dari pembangkit paiton melalui SUTET 500 kV Gandul-Depok 1 dan 2.

GITET Gandul mengirim energi listrik ke dua GITET lainnya di Ibu Kota Jakarta yaitu GISTET Kembangan dan GISTET Durikosambi melalui SUTET 500 kV Gandul-Kembangan dan Gandul-Durikosambi.

GITET Gandul juga mensuplai energi listrik Jakarta melalui sistem 150 kV dengan 4 Trafo IBT 500/150 kV total kapasitas 2000 MVA. Keseluruhan proses ini menjadi satu kesatuan dalam memperkuat sistem kelistrikan agar tetap andal.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: