Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Petani Makin Produktif, PLN dan BRI Sediakan Layanan Electrifying Agriculture

Dorong Petani Makin Produktif, PLN dan BRI Sediakan Layanan Electrifying Agriculture Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Guna mendorong peningkatan produktivitas pelaku usaha di sektor pertanian, PLN melalui program electrifying agriculture memberikan kemudahan untuk mendapatkan akses listrik. Memulai awal tahun ini, PLN bersama Bank BRI melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penyediaan Layanan Perbankan untuk mendukung Electrifying Agriculture.

Penandatanganan tersebut dilakukan secara daring oleh Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, dan Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI, Agus Noorsanto, pada Selasa (19/1).

Baca Juga: Program YESS Bantu Fasilitasi Petani Muda di Kabupaten Malang

Melalui sinergitas ini, PLN dan Bank BRI berkomitmen untuk mendukung program electrifying agriculture melalui penyediaan layanan perbankan berupa pembiayaan bagi para pelanggan atau calon pelanggan yang akan digunakan untuk dapat berpartisipasi dalam program electrifying agriculture dari PLN, sosialisasi dan pemasaran bersama, dan pertukaran data dan informasi untuk mendukung program electrifying agriculture.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan pemanfaatan kemampuan, pengalaman, sumber daya, dan fungsi yang dimiliki oleh PLN dan Bank BRI guna mendorong peningkatan produktivitas, efisiensi biaya, dan daya saing usaha tani dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

"Penggunaan listrik untuk pompa memberi penghematan biaya operasional petani hingga 60%. PLN akan terus meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau, dan andal untuk masyarakat indonesia, khususnya di sektor pertanian. Sebab, sektor pertanian merupakan salah satu sektor besar penggerak perekonomian negara," kata Bob Saril dalam keterangan pers, Selasa (19/1/2021).

"Kami bersinergi dengan pemerintah, pelaku usaha tani, dan stakeholder lain dalam memperluas dukungan listrik untuk peningkatan produktivitas dan efisiensi para pelaku usaha tani melalui penggunaan energi yang ramah lingkungan," katanya.

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI, Agus Noorsanto, mengatakan bahwa melalui sinergi BUMN ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di bidang pertanian dan dapat memperkuat kembali perekonomian nasional.

"Sektor pertanian merupakan sektor yang diharapkan dapat tumbuh di saat pandemi. Bagi kami, program electrifying agriculture ini merupakan hal yang sangat tepat dan kami menyambut baik adanya sinergi antara PLN dan BRI. Kami dari BRI siap melaksanakan program ini dengan baik agar segera mengakselerasi program ini," kata Agus, Selasa (19/1/2021).

Program electrifying agriculture merupakan bagian dari semangat transformasi PLN pilar Customer Focus dan Innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal untuk masyarakat Indonesia tak hanya di sektor pertanian, melainkan di sektor lain seperti sektor perikanan, perkebunan, dan peternakan.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: