Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Selesaikan Pengujian Jaringan Transmisi Bawah Tanah di Makassar

PLN Selesaikan Pengujian Jaringan Transmisi Bawah Tanah di Makassar Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

General Manager PLN UIP Sulbagsel I Putu Riasa mengatakan, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Bagian Selatan (UIP Sulbagsel) menyelesaikan pengujian tegangan tinggi terhadap jaringan transmisi bawah tanah bertegangan 150 kilovolt (kV) di Makassar, Sulsel.

"Jaringan ini akan menghubungkan antara gardu induk (GI) 150 kV di Tanjung Bunga dengan gas insulated switchgear (GIS) 150 kV di Bontoala, Makassar," kata I Putu Riasa, Kamis (8/10/2020).

Dia mengatakan, jaringan dari proyek strategis nasional ini, kelak difungsikan untuk melanjutkan aliran daya dari jaringan transmisi Punagaya di Kabupaten Jeneponto ke Tanjung Bunga, Kota Makassar yang rampung beberapa pekan lalu.

Baca Juga: PLN Tuntaskan Uji Coba Pemanfaatan EBT Pengganti Batu Bara PLTUgkasnya

Hal ini ditujukan untuk semakin meningkatkan mutu dan keandalan listrik pusat Kota Makassar sebagai pintu gerbang Indonesia timur, karena nanti akan dipasok dari dua arah.

Sementara mengenai progres fisik pekerjaan, lanjut dia, saat ini telah mencapai 95 persen dan dalam tahap persiapan pengoperasian, jelas Riasa.

Menjelang beroperasi, jaringan transmisi bawah tanah 150 kV Tanjung bunga-Bontoala harus melalui beberapa tahap pengujian terlebih dulu, hingga memperoleh rekomendasi layak bertegangan (RLB).

"Alhamdulillah, tadi malam kami sudah menyelesaikan salah satu tahap pengujian akhir yaitu high voltage (HV) test. Dalam pengujiannya, kami mengoptimalkan mobile HV test," kata I Putu Riasa.

Hal itu dimaksudkan untuk mempercepat mobilisasi peralatan dan mempermudah proses pengujian.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: