Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hore! PLN Bisa Listriki Pulau Meti, Maluku Berkat Tower Ini

Hore! PLN Bisa Listriki Pulau Meti, Maluku Berkat Tower Ini Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

PLN berhasil mengalirkan listrik ke Pulau Meti, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera, Maluku Utara. Hal itu ditandai dengan penyelesaian pengerjaan jaringan listrik yang menyeberangi laut sepanjang 800 meter.

Langkah itu bertujuan membantu menghidupkan geliat pariwisata di Pulau Meti; terlebih Pulau Meti memiliki kekayaan wisata bahari yang luar biasa dan juga terdapat peninggalan sejarah pada masa Perang Dunia II.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara Syamsul Huda menyampaikan, "akhirnya PLN berhasil menyambungkan listrik demi memberikan terang untuk warga dan secara langsung memberikan dampak positif dalam mendongkrak perekonomian di pulau yang dihuni 849 kepala keluarga tersebut."

Baca Juga: Diskon Listrik PLN Diperpanjang Hingga Desember 2020, Ini Caranya

Baca Juga: Tower Roboh, PLN Pastikan Pasokan Listrik Tidak Terganggu

Menariknya, pembangunan jaringan distribusi 20 kV ini menggunakan tower transmisi dikarenakan kondisi geografis kepulauan.

"Kami membangun Meti Crossing yakni tower transmisi untuk menyalurkan tegangan 20 kV. Biasanya, tegangan 20 kV hanya menggunakan tiang Jaringan Tegangan Menengah (JTM), namun  kami harus membangun jaringan listrik yang bisa menyeberangi laut melalui pulau-pulau, maka kami menggunakan konstruksi untuk tower transmisi. Ini juga menjadi tower transmisi pertama di Pulau Halmahera dan sekitarnya," ujar Syamsul dalam keterangan pers, (15/8/2020).

Jaringan 20 kV ini menghubungkan listrik Desai Mawea di Pulau Halmahera ke Pulau Meti melalui pulau Magaliho dan Pulau Gumilamo.

“Kendala yang terjadi yaitu andongan yang rendah, sekitar 3-4 meter dari permukaan air saat menghubungkan tower sejauh 820 meter. Meski demikian, dengan komunikasi yang baik dari pemerintah setempat dan juga pihak pabrikan, dilakukan penambahan 10 meter dari konstruksi tower tersebut,” ucap Syamsul.

Hingga Bulan Juli 2020, Rasio Elektrifikasi di Kabupaten Halmahera Utara sebesar 96% dengan Rasio Desa Berlistrik sebesar 91%. PLN terus berupaya melistriki seluruh pelosok tanah air guna mendukung program pemerintah menuju Rasio Elektrifikasi 100% di Indonesia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: