Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Capai 7.964 Mega Watt, PLN Klaim Terus Tingkatkan Pembangkit EBT

Capai 7.964 Mega Watt, PLN Klaim Terus Tingkatkan Pembangkit EBT Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Mega Project PLN Ikhsan Asaad menyampaikan, PLN terus meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan. Hingga Juni 2020, kapasitas pembangkit EBT di Indonesia sebesar 7.964 Megawatt (MW).

"Kami komitmen untuk terus meningkatkan penggunaan pembangkit EBT yang ramah lingkingan. Ini adalah tanggung jawab dan upaya PLN untuk menjaga generasi mendatang," tutur Ikhsan dalam keterangan resmi, Rabu (5/8/2020).

Ikhsan menilai, dari sisi bauran energi, pemanfaatan pembangkit EBT juga meningkat dari 12,36% pada Januari 2020 menjadi 14 persen pada Juni 2020. Pembangkit EBT didominasi oleh Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 4.707 MW atau 7,5 persen dari total bauran energi pembangkit dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 2.443 MW atau 3,9% dari total energi pembangkit.

Baca Juga: Sentil Pertamina dan PLN, Luhut Minta Jangan Bermain-main Ya!

Baca Juga: Erick Thohir Angkat Pendahulu Airlangga Hartarto Jadi Komisaris

Peningkatan EBT juga menjadi bagian transformasi PLN. Melalui salah satu aspirasi utama, yaitu green, PLN memiliki beberapa strategi untuk mendorong penggunaan energi baru terbarukan, yaitu dengan co-firing Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang telah beroperasi, program konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) menjadi Pembangkit Listrik Tenaga (PLT) Biomassa, juga pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung dengan memanfaatkan bendungan-bendungan yang sudah ada untuk membangkitkan listrik.

"Kita terus melakukan inovasi untuk mendorong EBT. Kita optimalkan potensi potensi yang ada," tutur Ikhsan.

Co-firing juga dikembangkan oleh PLN di beberapa PLTU, seperti PLTU Paiton berkapasitas 2x400 MW menggunakan olahan serbuk kayu, PLTU Ketapang berkapasitas 2x10 MW, dan PLTU Tembilahan berkapasitas 2x7 MW menggunakan olahan cangkang sawit.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: