Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ajaib Sekuritas Bersama BEI Menginisiasi 1.000 Program Generasi Saham

Ajaib Sekuritas Bersama BEI Menginisiasi 1.000 Program Generasi Saham Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ajaib Sekuritas bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengadakan 1.000 Program Generasi Saham mulai bulan ini. Ajaib Sekuritas akan menjalankan 1.000 acara edukasi literasi keuangan melalui Sekolah Pasar Modal (SPM) dengan Kantor Perwakilan BEI di berbagai wilayah, dan pendirian Galeri Investasi BEI.

Kegiatan ini akan fokus pada daerah-daerah di Indonesia yang masih memilikitingkat literasi keuangan yang rendah. Sejauh ini, acara sudah berjalan sampai ke Nusa Tenggara Barat dan Pulau Bangka. Program ini adalah kampanye edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya investasi saham dan perencanaan keuangan sejak dini bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial.

Hasan Fawzi, Direktur Pengembangan BEI menyambut baik rencana 1.000 Program Generasi Saham. ”Karena masa depan Pasar Modal Indonesia bergantung pada kematangan berinvestasi generasi milenial serta gen Z yang menjadi target utama dari Ajaib Sekuritas. Sebagaimana halnya peningkatan literasi sekaligus edukasi yang selama ini kami lakukan bersama stakeholders pasar modal lainnya, kami juga mendukung program literasi dan edukasi yang dilakukan oleh Ajaib Sekuritas, " urainya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (23/2/2021). 

Baca Juga: Habis Gandeng 'Han Jipyeong', Ajaib Group Langsung Sabet Pendanaan Ratusan Miliar dari ....

Ajaib Sekuritas melakukan kerja sama dengan BEI untuk menjalankan inisiatif literasi keuangan guna menyeimbangkan antara edukasi dengan pertumbuhan investor saham baru yang sangat signifikan. Sepanjang tahun 2020 tercatat ada penambahan sebanyak 590.658 SID saham baru, tumbuh 53,47% dibanding tahun 2019. Sebanyak 70% dari total investor saham baru pada 2020 didominasi kalangan milenial dengan rentang usia 18-40 tahun. Dengan edukasi, maka kualitas investor saham domestik akan meningkat sehingga inklusi pasar modal dalam negeri juga meningkat.

Sejak Januari 2021, Ajaib Sekuritas tercatat sebagai broker saham terbesar ke-4 di Indonesia berdasarkan trading frequency. Sebagai platform investasi saham online terpercaya bagi milenial Indonesia, Ajaib Sekuritas mengemban misi edukasi. Untuk itu, Ajaib Sekuritas menginisiasi 1.000 Program Generasi Saham demi mendukung upaya pasar modal, dalam hal ini BEI, dalam meningkatkan inklusi serta literasi keuangan dalam negeri melalui edukasi.

Anderson Sumarli, CEO Ajaib Group mengatakan, melalui 1.000 Program Generasi Saham ini, Ajaib Sekuritas dan BEI yakin, Pasar Modal Indonesia akan tumbuh pesat dengan jumlah investor ritel domestik yang berkualitas yang akan meningkat serta mendominasi pasar.

“Program ini akan menjadi pelopor kerjasama edukasi dengan BEI yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Masa depan Pasar Modal Indonesia ada di tangan milenial. Saya yakin milenial akan mendorong pertumbuhan pasar modal di Indonesia dalam waktu dekat. Menurut saya, edukasi sangat penting untuk memastikan generasi muda Indonesia memahami pentingnya berinvestasi sejak dini. Untuk itu kami mendukung BEI dalam mengedukasi masyarakat," jelas Anderson.

SPM adalah program edukasi yang dilakukan secara berkala oleh BEI dan tersebar di seluruh Indonesia. Masyarakat umum dapat menjadi peserta kegiatan edukasi tanpa dipungut biaya. Lewat SPM peserta akan diajarkan pengetahuan dasar pasar modal dan dibekali kemampuan melakukan analisa investasi untuk mengambil keputusan berinvestasi di pasar modal. Tujuan diselenggarakan program SPM ini salah satunya adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat seputar investasi. Diharapkan melalui SPM ini masyarakat bisa lebih tertarik dalam berinvestasi di pasar modal. Setelah mengikuti SPM, peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan SPM.

Sementara itu, Galeri Investasi BEI adalah sarana untuk memperkenalkan pasar modal sejak dini di dunia akademisi. BEI bersama sekuritas melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi serta berbagai institusi dengan komitmen untuk memperkenalkan pasar modal bukan dari sisi teori saja, namun dari sisi prakteknya juga. Selain itu, Ajaib Sekuritas juga akan menginisiasi kelas edukasi daring atau online serta serangkaian kegiatan edukasi lainnya bersama dengan BEI di lingkungan akademisi.

Baca Juga: Investor Angkat Koper Setelah Tahu Kalau Ekonomi Indonesia . . .

Victoria Katrina, AVP of Partnership Ajaib mengatakan “Ajaib berkomitmen untuk mendukung upaya BEI untuk meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal di Indonesia. Terutama untuk daerah-daerah yang belum pernah dijangkau edukasi keuangan. Kami menggunakan teknologi untuk menjangkau mereka dan memberikan edukasi. Sejauh ini, kami sudah melaksanakan kelas edukasi online bersama Kantor Perwakilan BEI termasuk di Banten, Sulawesi Tengah dan Bengkulu. Edukasi ini akan terus berlanjut hingga Indonesia bagian timur, yaitu Papua. Dengan menggunakan Instagram Live dan Zoom, program edukasi Ajaib dan BEI telah diikuti oleh ribuan masyarakat.”

Victoria mengatakan meskipun di tengah kondisi pandemi COVID-19, masyarakat tetap semangat untuk belajar investasi saham. Ia menceritakan bahwa ada salah satu pengusaha UMKM sekaligus investor di Ajaib berasal dari daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan bernama Suratno. Ia rajin mengikuti edukasi online yang diadakan oleh Ajaib lewat Instagram Live. Bahkan ia mewajibkan seluruh karyawannya untuk mengikuti edukasi online Ajaib bersama-sama selepas jam kerja.

“Kami bangga dapat membantu Mas Suratno dan karyawannya, juga ribuan masyarakat Indonesia lainnya dalam memperkenalkan investasi melalui edukasi.” Ujar Victoria.

Sepanjang tahun 2021, Ajaib terus melakukan kampanye edukasi bagi generasi muda Indonesia tentang pentingnya investasi dan keuangan pribadi sejak usia muda. Kampanye ini dilakukan melalui platform media sosial dan menyediakan konten edukasi di aplikasi Ajaib, karena edukasi adalah bagian penting dari misi Ajaib.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: