Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendag Lepas Ekspor 25 Kontainer dari 8 Perusahaan di Yogyakarta

Mendag Lepas Ekspor 25 Kontainer dari 8 Perusahaan di Yogyakarta Kredit Foto: Bea Cukai
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Agus Suparmanto, melepas 25 kontainer dari beberapa perusahaan di Yogyakarta yang diekspor ke berbagai negara di dunia pada Jumat (16/10). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian konvoi ekspor dan kunjungan kerja Kementerian Perdagangan ke Semarang dan Yogyakarta pekan lalu.

Agus Suparmanto menegaskan, "Semangat kita adalah peningkatan ekspor melalui penguatan produk yang inovatif, higienis, netral serta ramah lingkungan. Dari eksportir di Yogyakarta kita saksikan bahwa kreativitas, inovasi, kemampuan menangkap peluang untuk memenuhi selera pasar adalah kunci sukses menembus pasar ekspor."

Baca Juga: Jadikan Merauke Pusat Ekonomi Papua, Bea Cukai Genjot Ekspor Komoditas Unggulan

Dua puluh lima (25) kontainer yang diekspor dalam kesempatan tersebut merupakan hasil produksi dari delapan eksportir di Yogyakarta dengan total nilai ekspor mencapai Rp10,6 miliar. Dari 25 kontainer tersebut, 4 di antaranya berasal dari perusahan PT Busana Remaja Agracipta yang merupakan penerima manfaat fasilitas kawasan berikat dari Bea Cukai.

Bea Cukai Yogyakarta turut berkomitmen untuk bersinergi dengan Kementerian Perdagangan dan para stakeholders untuk terus meningkatkan ekspor nonmigas dari pelaku industri di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Salah satu bentuk nyata sinergi ini adalah optimalisasi National Logistic Ecosystem (NLE) dan Indonesia National Single Window (INSW) dalam melakukan integrasi dan simplifikasi proses bisnis untuk mendorong perekonomian yang lebih kompetitif.

"Seluruh pelaku usaha di Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin menjadi eksportir dan membutuhkan asistensi terkait kepabeanan dan cukai, silakan hubungi kami, datang ke kantor kami, atau undang kami. Bea Cukai Yogyakarta siap mengasistensi dan mendukung," ujar Hengky Aritonang, Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (21/10/2020).

Pelepasan konvoi ekspor ini merupakan momentum yang dapat memotivasi eksportir-eksportir di Indonesia untuk meningkatkan ekspor nonmigas di tengah ketidakstabilan ekonomi dunia yang dilanda Covid-19. Sinergi harus terus diciptakan oleh semua pihak, pembuat regulasi, pelaku ekspor, maupun pihak lain yang terkait dengan bidang tuganya masing-masing.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: