Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bea Cukai dan TNI AL Tangkap 9 Warga Papua New Guinea

Bea Cukai dan TNI AL Tangkap 9 Warga Papua New Guinea Kredit Foto: Bea Cukai
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bea Cukai Jayapura bersama TNI AL berhasil mengamankan sembilan warga Papua New Guinea (PNG) yang memasuki wilayah Indonesia secara ilegal. Dari penindakan yang dilakukan pada Senin (12/10) tersebut, juga berhasil diamankan empat buah speed boat, buah pinang, dan bahan bakar minyak yang dibawa masuk ke Indonesia tanpa dokumen kepabeanan.

Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura, Albert Simorangkir, mengungkapkan kronologi penindakan tersebut yang diawali dari informasi bahwa ada beberapa warga PNG yang melintas batas ke kampung Nelayan Hanurata dengan membawa muatan berupa buah pinang.

Baca Juga: Jadikan Merauke Pusat Ekonomi Papua, Bea Cukai Genjot Ekspor Komoditas Unggulan

"Dari pengamanan di wilayah tersebut didapati empat buah speed boat serta sembilan orang warga PNG yang membawa enam karung buah pinang dengan berat masing-masing 25 kg yang akan dijual di Jayapura, serta 38 jeriken berisi BBM," ungkap Albert dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Petugas kemudian membawa sembilan warga PNG tersebut ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura. Sementara, barang bukti lainnya diamankan oleh Satrol Lantamal X Jayapura.

Dalam konferensi pers yang diadakan bersama dengan Komandan Lantamal X Jayapura, Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, Albert menambahkan, "Untuk kesekian kalinya, Bea Cukai Jayapura bekerja sama dengan pihak Lantamal X dan Satrol Lantamal X dalam menindak barang ilegal. Pada bulan Januari lalu juga telah dilakukan penangkapan terhadap tiga tas vanilli seberat 46,4 kg dan enam kantong plastik ganja seberat 332,2 gram di perairan Pantai Jayapura."

Albert berharap agar sinergi, koordinasi, dan kolaborasi yang baik antar instansi terkait di wilayah Kota Jayapura dalam memperketat pengamanan dan penegakan hukum di Jayapura dapat terjalin makin baik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: