Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kanwil Bea Cukai Jakarta Beri Izin KITE ke Perusahaan Produsen Energi Surya

Kanwil Bea Cukai Jakarta Beri Izin KITE ke Perusahaan Produsen Energi Surya Kredit Foto: Bea Cukai
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam menjalankan fungsinya sebagai trade facillitator dan industrial assistance, Bea Cukai terus berbenah dan melakukan optimalisasi pemberian pelayanan.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jakarta, Decy Arifinsjah, Jumat (25/9/2020), setelah pihaknya pada tanggal 17 September 2020 memberikan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) kepada dua perusahaan: PT Sky Energy Indonesia dan PT Komatsu Indonesia.

Baca Juga: Komisi XI DPR RI Apresiasi Pelayanan Bea Cukai Soetta di Masa Pandemi

"Pelayanan terus dilaksanakan khususnya kepada perusahaan dan pelaku usaha guna mendorong kegiatan ekspor nasional serta stimulus perekonomian dalam negeri, serta sebagai antisipasi dalam menghadapi dampak Covid-19 terhadap dunia usaha. Salah satu pelayanan kepabeanan yang kami berikan ialah izin KITE untuk perusahaan yang telah memenuhi syarat, seperti persyaratan information technology (IT) Inventory perusahaan dan pelaksanaan pemaparan profil bisnis perusahaan," jelas Decy.

Masih menurut Decy, hanya berselang satu jam dari pemaparan profil bisnis perusahaan oleh PT Sky Energy Indonesia, pihaknya segera mengeluarkan izin KITE. Ia menambahkan, pemberian fasilitas ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, terutama dalam suasana pandemi Covid-19 yang tentunya memberikan dampak kepada para pelaku usaha.

"Melalui fasilitas KITE, pelaku usaha akan mendapatkan manfaat berupa kemudahan berupa pengembalian bea masuk yang dapat menekan cashflow perusahaan sehingga mendorong peningkatan daya saing perusahaan, investasi, dan ekspor nasional," katanya.

PT Sky Energy Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi surya khususnya panel surya. Direktur PT Sky Energy Indonesia, Naoki Ishikawa, memaparkan, perusahaan ini telah melakukan ekspor panel surya ke berbagai negara, seperti ke Amerika dan Kanada.

Perusahaan tersebut juga menjadi perusahaan yang dapat memproduksi lima puluh megawatt piksel surya dan seratus megawatt pikmodul surya setiap tahunnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: