Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bea Cukai Pekanbaru Sukses Gagalkan 9 Kasus Penyelundupan Narkoba

Bea Cukai Pekanbaru Sukses Gagalkan 9 Kasus Penyelundupan Narkoba Kredit Foto: Bea Cukai
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bea Cukai Pekanbaru secara aktif terus menekan peredaran narkotika di provinsi Riau. Hal itu mengingat, berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Riau masuk 10 besar wilayah yang menjadi tempat penyalahgunaan narkotika, prekursor, dan psikotropika (NPP). Sejak awal tahun 2020, Bea Cukai Pekanbaru telah melakukan 9 kali penindakan dan berhasil meringkus 13.316 gram ganja, 5.435,9 gram metamfetamin, dan 4.990 butir ekstasi.

Kepala Kantor Bea Cukai Pekanbaru, Prijo Andono, mengungkapkan bahwa dari total sembilan penindakan, delapan kali dilakukan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan satu kali dilakukan di Kantor Pos Lalu Bea Pekanbaru.

Baca Juga: Bea Cukai Fasilitasi Bantuan Covid-19 dari Australia & AS

"Dalam melakukan penindakan, kami juga menggandeng pihak Avian Security Bandara SSK II dan aparat penegak hukum lainnya. NPP yang beredar tersebut ada yang ditegah dari Penumpang Domestik dan ada juga yang ditegah melalui Barang antar pulau melalui Cargo Bandara Sultan Syarif Kasim II," ungkap Prijo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (7/9/2020).

Semetara, penyelundupan NPP yang ditegah di Kantor Pos Lalu Bea Pekanbaru merupakan NPP yang diselundupkan melalui barang kiriman luar negeri.

"Berbagai modus sering kali digunakan untuk menyelundupkan NPP melalui barang kiriman kantor pos. Bea Cukai Pekanbaru akan terus meningkatkan pengawasan terhadap penyelundupan NPP di kantor pos dengan mempelajari modus-modus baru penyelundupan NPP yang terus berkembang," ujar Prijo.

Di era modern ini, NPP menjadi barang yang sering diperdagangkan terutama ke Indonesia yang merupakan sasaran dari pasar perdagangan NPP karena tingginya tingkat konsumsi. Bea Cukai dengan tugas dan fungsi community protector berkomitmen untuk melakukan penegahan terhadap NPP yang diselundupkan tersebut secara kontinyu.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: