Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Duta Besar Malaysia Sambangi Bea Cukai RI Eratkan Kerja Sama

Duta Besar Malaysia Sambangi Bea Cukai RI Eratkan Kerja Sama Kredit Foto: Bea Cukai
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktorat Jenderal Bea Cukai mengadakan pertemuan dengan Duta Besar Malaysia untuk Republik Indonesia pada Selasa (03/09/2020). Pertemuan dalam bentuk breakfast meeting yang diadakan di Kuningan, Jakarta, bertujuan untuk meningkatkan hubungan kerja sama antara Kedutaan Malaysia dan Bea Cukai. Hal tersebut disampaikan oleh Duta Besar Malaysia, Tuan Yang Terutama Datuk Zainal Abidin Bakar.

"Kami juga mengucapkan selamat kepada Bea Cukai Indonesia atas jabatan sebagai WOC Asia Pacific Vice Chair untuk periode 2020-2022. Pencapaian ini membanggakan untuk administrasi kepabeanan di Asean," ungkap Zainal.

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi yang didampingi oleh Direktur Kepabeanan Internasional dan AntarLembaga, Syarif Hidayat dan Direktur Penindakan dan Penyidikan, Bahaduri Wijayanta Bekti Mukarta, menyatakan bahwa hubungan Indonesia dengan Malaysia adalah hubungan yang penting dan strategis baik sosial, budaya ekonomi, dan pertahanan keamanan.

Baca Juga: Bea Cukai Pontianak Layani Ekspor Perdana CPO ke India

"Hubungan ekonomi antara kedua negara menunjukkan tren positif. Tahun lalu ekspor migas US$1,13 miliar dan nonmigas US$7,66 miliar. Malaysia adalah negara asal impor terbesar Indonesia ke–7 dengan total US$7,77 miliar," ungkap Heru.

Sejak 1994, Royal Malaysian Customs Department (RMCD) dan Bea Cukai telah menjalin kerja sama yang erat terutama dalam kegiatan patroli di laut dalam satu kesatuan di Selat Malaka. Setiap tahun selama dua kali RMCD–Bea Cukai melakukan joint operation dalam bentuk patroli bersama yang dikenal dengan Patkor Kastima.

Heru menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat didorong untuk menjadi contoh di dunia. "Kedekatan hubungan kerja sama juga tampak dari hasil penggagalan penyelundupan timah baru-baru ini yang merupakan hasil koordinasi antara Polisi Diraja Malaysia, RMCD, dan Bea Cukai."

Di samping kerja sama di bidang pengawasan, Bea Cukai dan RMCD juga mengeratkan kerja sama administrasi. Saat ini sedang dilakukan upaya finalisasi kerja sama kepabeanan antara Bea Cukai-RMCD dalam bentuk MOU on Customs Mutual Administrative Assistance (CMAA) yang antara lain akan diimplementasikan dalam bentuk pertukaran manifest dan ini diharapkan menjadi contoh di WCO Asia Pacific.

Selain itu juga sedang dirintis kerja sama MRA AEO, yaitu skema kemudahan eksportir dan importir bagi kedua pihak. Diharapkan dengan ini pertumbuhan perdagangan semakin meningkat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: