Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

3 PLTBg Limbah Cair Sawit Milik PTPN V Diresmikan Wamen BUMN

3 PLTBg Limbah Cair Sawit Milik PTPN V Diresmikan Wamen BUMN Kredit Foto: Antara/Rahmad
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri I BUMN, Pahala Nugraha Mansury meresmikan tiga Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) milik anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V). Ketiga PLTBg yang diresmikan tersebut yakni PLTBg Sungai Pagar dan PLTBg Sei Tapung yang berlokasi di Kabupaten Kampar serta PLTBg Lubuk Dalam di Kabupaten Siak, Riau.

Peresmian tersebut merupakan bagian dari upaya mendukung komitmen Indonesia dalam penanganan perubahan iklim yang disampaikan Presiden Jokowi pada World Leader Summit COP26 di Glasgow, Skotlandia, beberapa waktu lalu. Disampaikan Pahala, keberadaan PLTBg ini juga sejalan dengan komitmen Indonesia dalam melaksanakan dekarbonisasi menuju Indonesia Net Zero Emissions pada 2060 mendatang. 

Baca Juga: Kolaborasi Apik BPDPKS dan SAMADE dalam Pengembangan UKMK Sawit

"Ini memang tidak mudah, tapi kita terus berupaya. PTPN Grup sudah berkomitmen untuk mengurangi emisi 29 persen pada tahun 2030. Termasuk mengubah energi yang digunakan. Hari ini yang kita saksikan di mana biogas mengganti energi yang digunakan selama ini. Terima kasih kepada BRIN yang aktif mewujudkan dekarbonisasi bersama PTPN," urainya. 

Dengan diresmikannya ketiga PLTBg tersebut, PTPN V tercatat sebagai perusahaan perkebunan milik negara terbesar yang mengelola pembangkit biogas dengan memanfaatkan gas metana dari limbah cair kelapa sawit (palm oil mill effluent/POME). Hingga kini, tercatat lima dari 12 pabrik kelapa sawit (PKS) PTPN V telah memiliki pembangkit biogas. 

Selain menghemat biaya penggunaan bahan bakar fosil hingga Rp5,8 miliar pertahun, PLTBg tersebut juga turut menekan angka ambang batas rumah kaca mencapai 358,18 CO2eq atau jauh di bawah standar angka yang biasanya dimintakan oleh pembeli minyak sawit di 1.000 CO2eq. 

Hadir dalam peresmian tersebut, Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional, Dr. Mego Pinandito; Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) Mohammad Abdul Ghani; Direktur SDM dan IT PTPN III (Persero) Seger Budiarjo; dan CEO PTPN V Jatmiko Santosa. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: