Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Negara dengan Skema Minyak Sawit Berkelanjutan Tertinggi, Indonesia Nomor Satu

5 Negara dengan Skema Minyak Sawit Berkelanjutan Tertinggi, Indonesia Nomor Satu Kredit Foto: Antara/Akbar Tado
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tidak hanya Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO), skema minyak sawit berkelanjutan yang diadopsi pelaku perkebunan kelapa sawit di Indonesia juga berasal dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Merujuk data RSPO, terdapat lima negara terbesar pemegang sertifikat RSPO diantaranya pertama, Indonesia tercatat memproduksi minyak sawit mentah berkelanjutan (crude sustainable palm oil/CSPO) sebanyak 10 juta ton dari total produksi CSPO di dunia, dengan 51 persen areal sudah tersertifikat RSPO.

Baca Juga: Wah… Peluang Sawit Terbuka untuk Isi Penuh Pasar China

Kedua, Malaysia, dengan produksi CSPO sebanyak 4,6 juta dari total produksi CSPO di dunia, dengan areal seluas 29 persen dari total areal tersertifikat RSPO.

Ketiga, Papua New Guinea sekitar 915 ribu ton. Keempat, Thailand sebanyak 83 ribu ton. Kelima, Kamboja sejumlah 12,8 ribu ton.

Direktur Assurance RSPO sekaligus Plt Deputi Direktur RSPO Indonesia, Tiur Rumondang, mengatakan, sejatinya dengan suatu perusahaan perkebunan kelapa sawit atau rantai pasoknya, mengikuti standard RSPO maka juga harus mengikuti hukum yang berlaku terkait perkebunan kelapa sawit dalam negara tersebut.

“Kami melakukan penegakan sistem verifikasi, memang bukan yang terbaik tetapi kami upayakan yang terbaik. Kami juga bisa memberikan akses para pemain sawit Indonesia ke pasar global untuk minyak sawit berkelanjutan, secara umum standar kami memiliki standar yang umum,” ungkap Tiur seperti dikutip dari laman InfoSAWIT. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: