Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

LSM Papua dan Lembaga Adat Dukung Setop Kampanye Hitam Sawit

LSM Papua dan Lembaga Adat Dukung Setop Kampanye Hitam Sawit Kredit Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Papua Bangkit dan Lembaga Masyarakat Adat Papua mendukung upaya berbagai pihak untuk menyetop kampanye hitam terkait perkebunan sawit di Papua.

Ketua LSM Papua Bangkit, Hengky H. Jokhu M mengatakan, untuk menyetop kegiatan itu, Pemerintah perlu melakukan sejumlah Langkah seperti pendekatan dan kerja sama yang baik dengan merangkul masyarakat adat di Papua dan Papua Barat.Baca Juga: Menlu: Diskriminasi Uni Eropa terhadap Sawit Bertentangan dengan Prinsip Kemitraan

Menurutnya, hal ini karena pemerintah daerah dan masyarakat adat di Papua masih bekerja sendiri-sendiri sehingga dengan mudah diprovokasi oleh kepentingan LSM dan kelompok tertentu.

“Belum adanya pendekatan dan kerjasama yang terintegrasi dari pemerintah pusat terhadap masyarakat adat di Papua mengakibatkan ruang gerak LSM terbuka lebar. Kampanye hitam dan protes dengan memanfaatkan masyarakat adat dengan mudah dilakukan karena  tiap daerah masih berjalan sendiri-sendiri,” katanya, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/11/2020). Baca Juga: Tak Terasa, Kelapa Sawit Sudah Berumur 109 Tahun

Menurut dia, dalam era kepemimpinan Presiden SBY dan Jokowi, sebenarnya ada banyak regulasi yang memberikan harapan bagi Papua bagi pembangunan ekonomi di Papua, salah satunya perkebunan sawit. “Hanya saja, pembangunan kebun Sawit yang targetnya mencapai 2,2 juta hektar, namun baru terealisasi 1% dengan mudah diprovokasi kepentingan kelompok karena  Pemerintah belum sepenuhnya hadir,” kata Henky.

Bila Pemerintah konsisten, kata  Hengky, seharusnya sektor  perkebunan sawit dan pertanian bisa menjadi satu-satu pilihan dalam membangun ekonomi Papua secara berkelanjutan. “Saat ini sektor berbasis sumber daya alam seperti pertambangan di Papua bukan lagi menjadi pilihan karena tidak ramah lingkungan,” kata Hengky lagi.

Pernyataan senada dikemukakan Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Provinsi Papua, Lennis Kogoya. Menurut Lennis, pendekatan terhadap masyarakat Papua bisa dilakukan dari “hati kehati” karena orang Papua punya rasa persaudaraan yang tinggi.

“ Papua bisa dibangun dengan konsep persaudaraan. Harus diakui, selama ini, masyarakat adat Papua kurang dilibatkan dalam pembangunan. Orang Papua seolah-olah tinggal di atas pohon. Semua keperluan mulai dari bawang hingga sayur-sayuran di bawa dari Jawa. Ini persoalan besar yang harus kita benahi bersama,” kata dia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: