Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bidik KUR Rp31 Triliun, Bank Mandiri Sasar Mitra Pertashop Pertamina

Bidik KUR Rp31 Triliun, Bank Mandiri Sasar Mitra Pertashop Pertamina Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Mandiri berkomitmen terus mengembangkan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kali ini, perseroan menggandeng PT Pertamina (Persero) untuk memberdayakan debitur UMKM dalam program Mitra Pertashop Pertamina.

Pertashop merupakan outlet penjualan Pertamina dengan skala kecil yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM Non Subsidi, LPG Non Subsidi dan produk ritel Pertamina lainnya. Kehadiran Pertashop ini memungkinkan masyarakat membeli BBM lebih dekat ke lokasi dengan harga, kualitas maupun takaran yang sama dengan SPBU Pertamina.

Pada tahap awal, Bank Mandiri merekomendasikan lebih dari 92.000 debitur UMKM yang merupakan pelaku usaha Pangkalan Elpiji untuk menjadi mitra Pertashop Pertamina. Untuk itu, mereka akan mendapatkan pelatihan teknis dari Pertamina serta dukungan pembiayaan dengan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun Kredit Komersial berupa Kredit Modal Kerja ataupun Kredit Investasi guna memenuhi kebutuhan permodalan pada saat pembangunan dan pengoperasian.

Menurut Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto, Bank Mandiri berkomitmen dalam memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk kembali bangkit dalam masa pandemi ini, antara lain melalui optimalisasi penyaluran KUR maupun Kredit UMKM lainnya. Kolaborasi dengan Pertamina dalam Program Mitra Pertashop ini merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan Penyaluran ke segmen UMKM tersebut.

Baca Juga: Bank Mandiri Imbau Nasabah Segera Ganti Kartu Debit ke Chip

“Kolaborasi antar BUMN ini sangat strategis untuk memberdayakan sektor UMKM sebagai salah satu motor pemulihan ekonomi Indonesia serta membantu Bank Mandiri menyalurkan pembiayaan ke sektor yang produktif,” kata Aquarius saat membuka webinar bertema “Sinergi Bank Mandiri – Pertamina Meningkatkan Perekonomian UMKM melalui Program Mitra Pertashop” di Jakarta, Senin (5/4/2021).

Aquarius menambahkan, pihaknya tidak akan menutup kemungkinan untuk menawarkan skema mitra Petrashop ini kepada nasabah dan debitur lain agar pihaknya dapat memenuhi target penyaluran KUR perseroan tahun ini.

Dari target sebesar Rp 31 triliun pada 2021, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp 9,59 triliun kepada 99.162 debitur UMKM dalam tiga bulan pertama tahun ini atau mencapai 30,93 % dari total target tersebut.   

Senada, Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah Kris Indriati menambahkan, Bank Mandiri senantiasa hadir dalam dukungan transaksi Mitra Pertashop melalui penyediaan channel transaksi melalui Mandiri Agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal tersebut seperti yang telah dilakukan Bank Mandiri melalui penyediaan chanel transaksi SOPP SPBU Pertamina, pangkalan LPG dan transaksi distributor. 

“Kedepannya, Bank Mandiri akan terus bersinergi dan siap mendukung pengembangan usaha serta rencana bisnis Pertamina Group baik dari sisi wholesale maupun ekosistem bisnis Pertamina dengan jenis fasilitas pembiayaan dan transaksi yang beragam sejalan dengan visi kami untuk menjadi Mitra Finansial Utama pilihan masyarakat Indonesia,” tutur Susana. 

Sedangkan SEVP  Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mengungkapkan, pihaknya juga akan melakukan monitoring dan evaluasi atas kerjasama skema mitra Petrashop ini guna mendapatkan masukan dalam pengembangan kolaborasi yang dilakukan.

“Masukan ini akan kami gunakan untuk memberikan rekomendasi pembiayaan skema komersial bagi pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usaha mitra Petrashop Pertamina dalam skala yang lebih besar sehingga mereka dapat berkembang lebih cepat dan lebih besar lagi,” kata Josephus.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: