Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bangkitkan UMKM di Masa Pandemi, Pertamina Gelontorkan Rp1,3 Miliar di Kabupaten Luwu

Bangkitkan UMKM di Masa Pandemi, Pertamina Gelontorkan Rp1,3 Miliar di Kabupaten Luwu Kredit Foto: Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi belum usai, perhatian kepada pelaku usaha sektor riil perlu digalakkan bersama di tengah ketidakpastian ekonomi di era ini. Untuk itu, diperlukan peran nyata untuk membangkitkan geliat usaha para pelaku UMKM sebagai penggerak utama sektor riil.

Sebagai wujud nyata dalam upaya tersebut, PT Pertamina (Persero) Regional Sulawesi kembali menggelontorkan pemberian pinjaman modal usaha melalui Program Kemitraan dengan nilai Rp1,3 miliar kepada 33 UMKM di Desa Karang-Karangan yang mayoritas bergerak di sektor perdagangan di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: BBM Premium Dihapus Mulai 2021, Ini Kata Pertamina

Penyaluran Program Kemitraan ini diserahkan secara simbolis oleh Fuel Terminal Manager Palopo, Bushro Sihabuddin Busthomi, kepada Kepala Desa Karang-Karangan, Asbar Idrus, pada Senin, (16/11/2020) di Hotel Indah Mulia, Kota Palopo.

Pada kesempatan ini, Asbar Idrus mewakili masyarakat Desa Karang-Karangan mengapresiasi Pertamina atas Program Kemitraan yang digulirkan kepada pelaku UMKM di Desa Karang-karangan. Idrus mengatakan, dengan diberikannya bantuan ini, masyarakat dapat melakukan pengembangan usahanya.

"Pesan kami selaku pemerintah kepada masyarakat yang sudah menjadi penerima program kemitraan agar dapat menggunakan dana ini sebaik-baiknya. Kami berharap program ini dapat terus berlanjut sehingga dapat menambah nilai ekonomi bagi masyarakat," kata Idrus dalam keterangan pers, Selasa (17/11/2020).

Sementara itu, Unit Manager Comm, Rel, & CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali, mengatakan bahwa program kemitraan ini merupakan upaya Pertamina mendukung kebangkitan UMKM yang menjadi pilar penggerak ekonomi dan merasakan dampak signifikan di tengah pandemi Covid-19.

"UMKM saat ini jatuh bangun untuk dapat menstabilkan usahanya dan menghidupi banyak orang. Program Kemitraan ini diharapkan dapat menjadi stimulus kepada mereka agar bangkit dan mandiri sehingga bisa membantu menggerakkan roda perekonomian," kata Laode dalam keterangan pers, Selasa (17/11/2020).

Dengan penyaluran ini, Pertamina selama tahun 2020 telah menyalurkan Rp15,7 miliar bantuan modal usaha untuk UMKM di Sulawesi, lebih dari Rp5,7 miliar di antaranya untuk Sulawesi Selatan.

Program kemitraan Pertamina adalah bantuan modal usaha yang diberikan kepada pelaku usaha mikro yang bergerak di 8 sektor, yaitu Perkebunan, Pertanian, Perdagangan, Perikanan, Peternakan, Industri, Jasa, dan sektor lainnya dengan nominal maksimal mencapai Rp200 juta.

Selain itu, Pertamina pun memberikan bantuan pendampingan dan pembinaan kepada mitra binaan berupa Pameran dan Pelatihan.

"Pertamina juga terbuka kepada UMKM lain yang ingin mendapatkan bantuan modal usaha. Informasi lebih lengkap bisa diakses di www.pertamina.com/id/program-kemitraan," kata Laode.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: