Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Beri Bantuan 11 Pangkalan Elpiji di Kalimantan Senilai Rp1,5 M

Pertamina Beri Bantuan 11 Pangkalan Elpiji di Kalimantan Senilai Rp1,5 M Kredit Foto: Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VI menyalurkan bantuan modal usaha kepada 11 pangkalan Elpiji di wilayah Kalimantan senilai Rp1,5 miliar. Penyaluran tersebut merupakan realisasi dari program Pinky Movement, yaitu program bantuan pinjaman modal kepada pangkalan LPG untuk mengembangkan usaha.

Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth M.V. Dumatubun mengatakan, penyaluran ini merupakan pinjaman program kemitraan Pinky Movement tahap II. Sementara, pinky movement tahap I telah disalurkan pada Juli 2020 senilai Rp1,9 miliar untuk 22 pangkalan Elpiji. Dengan demikian, total program kemitraan Pinky Movement yang telah disalurkan sebesar Rp3,08 miliar untuk 33 pangkalan elpiji.

Baca Juga: Pertamina: Transaksi Harian Non-Tunai di Jatimbalinus Melesat 62%

"Pandemi Covid-19 ini berdampak cukup besar untuk ekonomi masyarakat sehingga melalui Pinky Movement diharapkan bisa menolong pangkalan LPG sebagai bagian dari jalur distribusi produk LPG Pertamina untuk bangkit dan mendorong percepatan pemulihan ekonomi," kata Roberth, dalam siaran pers, Rabu (14/10/2020).

Selain itu, Pinky Movement menjadi stimulus pangkalan juga untuk bersaing dalam pelayanan kepada konsumen sehingga masyarakat mampu lebih merasakan manfaat dan benefit menggunakan si Pinky.

Pertamina juga mendorong masyarakat pelaku UMKM di Kalimantan termasuk lembaga penyalur LPG yang membutuhkan bantuan permodalan dapat mendaftarkan diri menjadi Mitra Binaan Pertamina agar bisa mendapatkan bantuan pinjaman modal untuk pengembangan usaha.

Roberth mengatakan, selain bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga mencapai Rp200 juta, jasa administrasi yang relatif terjangkau sebesar 3% saldo menurun per tahun dan kesempatan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, promosi, dan pameran UKM binaan.

"Tahun 2020, Pertamina telah menyalurkan program kemitraan sebesar Rp12,7 miliar di berbagai wilayah Kalimantan dengan total mitra binaan UMKM sebanyak 129 mitra binaan termasuk mitra binaan pangkalan elpiji pinky movement," kata Roberth.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: