Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Makin Agresif, Pertamina Gandeng Alfamart Kembangkan Bright Store

Makin Agresif, Pertamina Gandeng Alfamart Kembangkan Bright Store Kredit Foto: Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pertamina gandeng Alfamart mengembangkan bisnis Bright Store di SPBU luar Pulau Jawa. Kerja sama dengan Alfamart ini diresmikan dalam bentuk penandantanganan MoU antara Pertamina dengan Alfamart yang ditandatangani oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur, Mulyono, dan Direktur Merchandising Alfamart, Harryanto Susanto, serta Direktur Corporate Affairs, Solihin.

Direktur Logistik dan Infrastrukur PT Pertamina (Persero), Mulyono, menyampaikan bahwa perubahan karakter konsumen di era milenial saat ini membawa opportunity bisnis yang bagus untuk bisnis Non Fuel Retail (NFR). Potensi bisnis tersebut terlihat dari costumer behavior melalui ekosistem jaringan SPBU yang dimiliki Pertamina sebanyak 7000 lebih dengan traffic yang sangat tinggi.

Baca Juga: Dongkrak Kinerja Keuangan, Pertamina Siapkan 9 Jurus

"Pertamina telah memiliki Bright Store yang saat ini sudah tersebar di 195 lokasi. Bright Store ini diharapkan dapat menjadi bagian dari channel SPBU di seluruh Indonesia sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen SPBU yang singgah untuk beristirahat sejenak dan kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Stop in & Refresh," ujar Mulyono dalam keterangan pers, Rabu (9/9/2020).

Ia memastikan bahwa perlu ada kolaborasi dengan minimarket yang memiliki jaringan sangat luas agar pengembangan bisnis NFR bisa berkembang. Pertamina menggandeng Alfamart dalam mengembangkan bisnis Bright Store di SPBU melalui mekanisme Co Branding Bright Store by Alfamart/Alfamidi di luar Pulau Jawa.

"Saat ini sudah ada 200 toko Alfamart di area SPBU Pertamina. Ke depan akan berubah menjadi Bright by Alfamart/Alfamidi dan berlaku seluruh SPBU baik COCO (milik Pertamina) maupun DODO (Milik Swasta)," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Corporate Affairs Alfamart, Solihin, mengungkapkan bahwa kerja sama ini dapat mencakup kerja sama promosi kedua belah pihak, menunjang produk UMKM dan Private Lable Pertamina, serta adanya sharing dalam investasi.

"Hal yang tak kalah menarik dalam kerja sama ini adalah bagi pengusaha swasta SPBU (DODO) diberlakukan kebijakan khusus franchise fee," ucap Solihin.

Adanya kolaborasi kekuatan jaringan SPBU Pertamina dengan keandalan operasional Alfamart di Indonesia akan memberikan manfaat bagi kedua perusahaan dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: