Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank CTBC: 60 Detik Saja untuk Pengajuan KTA secara Online

Bank CTBC: 60 Detik Saja untuk Pengajuan KTA secara Online Kredit Foto: Bank CTBC
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC) secara resmi meluncurkan platform daring baru berbasis web melalui situs www.danacintadigital.com untuk pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) secara instan. Dengan platform berbasis web ini, tanpa perlu repot mengunduh aplikasi atau program gawai terlebih dahulu, dalam waktu sekitar 60 detik saja nasabah sudah dapat memperoleh informasi mengenai persetujuan prinsip atas pengajuan pinjamannya (instant approval in principle).

Iwan Satawidinata, Presiden Direktur PT Bank CTBC Indonesia, menyatakan bahwa peluncuran layanan ini merupakan salah satu milestone Bank CTBC dalam menjawab tantangan perkembangan ekonomi digital yang mendisrupsi model bisnis secara global di hampir semua sektor usaha, termasuk sektor industri keuangan dan perbankan.

Baca Juga: Amar Bank Kantongi Sertifikasi ISO 27001:2013, Wujud Komitmen Guna Terus Tingkatkan Keamanan Nasabah

"Kami juga sangat mendukung Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia MPSJKI 2021-2025 yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum lama ini yang salah satu aspek dalam strukturnya adalah dukungan Sektor Jasa Keuangan terhadap Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan fokus pada area Akselerasi Transformasi Digital," kata Iwan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Selain itu, disebut Iwan, peluncuran kanal digital KTA Instan Dana Cinta ini juga menunjukkan komitmen dukungan Bank CTBC akan program-program yang diinisiasi pemerintah dalam hal peningkatan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia untuk akses layanan perbankan nonfisik.

Sementara itu, Bambang Simmon Simarno selaku Direktur Eksekutif Perbankan Ritel PT Bank CTBC Indonesia menyampaikan, dengan tambahan akses kanal digital yang makin memudahkan dan mempercepat proses, Bank CTBC optimis angka pertumbuhan usaha KTA hingga 24% di tahun 2021. Saat ini, Bank CTBC adalah satu-satunya bank yang menawarkan pengajuan instan untuk produk pinjaman tanpa agunan dengan dengan batas pinjaman hingga Rp200 juta.

"KTA Instan Dana Cinta sebagai tambahan layanan platform daring memberikan pilihan kemudahan bagi masyarakat untuk mengajukan KTA di Bank CTBC secara digital. Sejak tahap awal proses uji coba, dalam waktu kurang dari empat bulan saja kami telah menerima sekitar 20.000 pengajuan pinjaman secara daring oleh calon nasabah. Lima tahun ke depan, target KTA kami bisa mencapai angka hingga 50% kontribusi dari pengajuan melalui KTA Instan Dana Cinta ini," papar Bambang.

Ditambahkannya, Bank CTBC melihat peluang yang tepat di saat ini dengan masih terbukanya kebutuhan pasar serta masyarakat Indonesia yang sudah lebih teredukasi terkait pinjaman daring. Peningkatan jumlah penyaluran pinjaman yang terus bertumbuh dari tahun ke tahun makin memantapkan langkah Bank CTBC untuk bekerja sama dengan Dukcapil dan Biro Kredit Pefindo menghadirkan KTA Instan Dana Cinta dengan proses digitalisasi lengkap dari mulai tahapan verifikasi hingga scoring.

Seiring dengan perubahan gaya hidup dan kebutuhan konsumen yang mengedepankan layanan nonfisik/digital, ditambah dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) selama pandemi Covid-19, makin mempertegas urgensi untuk mengakselerasi transformasi dan ekosistem digital ekonomi dan keuangan. Pengembangan dan peningkatan layanan melalui kanal digital menjadi salah satu fokus yang dilakukan oleh banyak industri untuk siap beradaptasi dengan kebutuhan konsumen.

Berdasarkan data OJK, dari industri perbankan dan dengan terus bertumbuhnya perusahaan keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech), telah terjadi kenaikan secara signifikan atas pengajuan pinjaman dana tunai secara daring pada tahun 2020 dengan capaian Rp74.71 triliun atau naik 24.47% dibanding periode 2019 yang baru mencapai Rp58.84 triliun.

Menutup acara, disampaikan pula bahwa inisiatif baru dari Bank CTBC ini telah meraih penghargaan di ajang internasional Digital CX Awards 2021 sebagai Highly Acclaimed, Best Technology Implementation for Digital CX oleh The Digital Banker. Bersama dengan fitur Reksa Dana pada Aplikasi Mobile Banking, Bank CTBC juga memenangkan Excellence in User Experience, Mobile App (Wealth Management) di ajang yang sama. Penghargaan ini sekaligus menunjukkan pembuktian akan kesiapan Bank CTBC dalam hal inovasi digitalisasi usaha perbankannya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: