Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

September, Penyaluran Kredit Perbankan Alami Kontraksi

September, Penyaluran Kredit Perbankan Alami Kontraksi Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) mencatat kredit yang disalurkan perbankan mengalami kontraksi pada September 2020. Penyaluran kredit pada September 2020 tercatat sebesar Rp5.529,4 triliun atau tumbuh negatif 0,4% (yoy), berbalik arah bila dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya (0,6% yoy).

"Penurunan laju penyaluran kredit seiring dengan perlambatan kredit kepada debitur korporasi dan perorangan," tulis hasil riset BI seperti dikutip Warta Ekonomi di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga: BI Sempurnakan Ketentuan RIM/PLM bagi Perbankan

Penyaluran kredit pada korporasi tercatat dari 0,7% (yoy) pada Agustus 2020 menjadi tumbuh negatif 0,7% (yoy) pada September 2020. Demikian juga, penyaluran kredit pada debitur perseorangan mengalami perlambatan dari 1% (yoy) menjadi 0,7% (yoy) pada September 2020.

Berdasarkan jenis penggunaannya, perlambatan pertumbuhan kredit dipengaruhi oleh melambatnya penyaluran kredit pada seluruh jenis penggunaannya. Kredit modal kerja masih menunjukkan pertumbuhan negatif sebesar -3,1% (yoy) pada September 2020, terutama pada sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan, Hotel dan Restoran (PHR).

Kredit investasi juga tercatat tumbuh 3,4% (yoy) pada September 2020, melambat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 4% (yoy). Untuk kredit konsumsi mengalami perlambatan pertumbuhan dari 1,1%(yoy) pada Agustus 2020 menjadi 0,8% (yoy) yang disebabkan oleh perlambatan pada kredit KPR/KPA, KKB, maupun kredit multiguna.

Kredit properti pada September 2020 kembali mengalami perlambatan dari 2,9% (yoy) pada Agustus 2020 menjadi 2,2% (yoy) yang bersumber dari perlambatan kredit konstruksi serta KPR/KPA. Kredit konstruksi tercatat melambat dari 1,3% (yoy) pada Agustus 2020 menjadi 0,9% (yoy) terutama pada konstruksi bangunan jalan tol di DKI Jakarta dan Riau.

Sementara itu, pertumbuhan kredit KPR/KPA tercatat melambat dari 3,4% (yoy) pada Agustus 2020 menjadi 2,15 (yoy).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: