Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementerian BUMN: SWF Dapat Tarik Dana Global untuk Bangun Infrastruktur

Kementerian BUMN: SWF Dapat Tarik Dana Global untuk Bangun Infrastruktur Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury mengatakan bahwa Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) dapat menarik dana global untuk pembangunan infrastruktur nasional.

"SWF untuk optimalisasi aset-aset BUMN, memastikan ke depannya bukan hanya memanfaatkan resources investasi untuk membangun infrastruktur tapi juga bisa menarik dana dari luar untuk optimalkan pembangunan infrastruktur, sambil tetap menjalankan program-program prioritas," kata Pahala, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Kaget Dengar Bisikan Sri Mulyani Soal Investasi SWF, Jokowi: Duit Gede Banget!

Menurut dia, SWF merupakan bagian dari inovasi pemerintah untuk menangkap peluang investasi guna pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

"Ke depannya dengan COVID-19, kebutuhan untuk transformasi bisnis dituntut bisa melakukan inovasi modal bisnis kita. Contoh paling konkret adalah minerba, bukan hanya produksi barang-barang komoditas yang kita ekspor, bagaimana melakukan hilirisasi sehingga bisa mendorong sektor-sektor lainnya di Indonesia," katanya.

Pahala mengatakan, Indonesia bisa memiliki rantai pasok baterai, salah satunya untuk kebutuhan kendaraan listrik.

"Nikel, Indonesia negara paling kaya. Tapi bagaimana kekayaan itu bukan kita ekspor dalam nikel, tapi baterai dari hulu sampai hilir hingga storage system," katanya.

Ia optimistis kehadiran SWF akan menarik lebih banyak dana dari luar negeri masuk ke Tanah Air.

"Investasi untuk bisa datangkan investasi dan jalankan program strategis nasional. Sudah ada Perpres khusus soal PSN, tapi kita harapkan juga bisa undang investasi untuk kembangkan berbagai sektor tersebut," kata Pahala.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: