Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wah Ternyata... Cek Sekarang! Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Terlihat di Bagian Tubuh Ini

Wah Ternyata... Cek Sekarang! Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Terlihat di Bagian Tubuh Ini Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi -

Kolesterol tinggi berarti Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah Anda. Kolesterol tidak buruk karena membantu metabolisme Anda bekerja secara efisien. Namun, terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan arteri Anda menyempit sehingga memotong suplai darah vital ke organ vital. 

Dilansir di laman Express pada Rabu (10/11), ketika proses ini terjadi di kaki Anda, itu disebut penyakit arteri perifer (PAD). PAD adalah suatu kondisi di mana arteri ke kaki menjadi menyempit, sehingga membatasi aliran darah ke kaki.

Baca Juga: Duh Aduh… Penderita Diabetes Jangan Sampai Dehidrasi, Bahayanya Sungguh Mengerikan!

Jika Anda memiliki penyakit arteri perifer yang parah, kaki Anda mungkin menjadi pucat dan dingin, terutama saat kaki Anda diangkat. Tanda-tanda lainnya termasuk nyeri di kaki atau betis saat istirahat atau pada malam hari, otot-otot yang melemah di kaki, luka atau luka di jari kaki, kaki atau tungkai yang tidak kunjung sembuh dan rambut rontok dari jari kaki, kaki atau tungkai.

Jika memiliki gejala-gejala ini, hubungi dokter Anda. Apabila gejala tersebut berkembang atau berubah dengan cepat, Anda mungkin memerlukan perawatan medis segera.

Cara terbaik untuk menangkal ancaman PAD dan komplikasi kolesterol tinggi lainnya adalah dengan melakukan tes terlebih dahulu. Anda hanya dapat mengetahui apakah Anda memiliki kolesterol tinggi dari tes darah.

"Dokter Anda mungkin menyarankan untuk melakukan tes jika menurut mereka kadar kolesterol Anda tinggi," ujar National Health Service (NHS).

Baca Juga: Nggak Usah Pusing Memikirkan Penyebab Diabetes, Ubah Hal Ini Maka Peluang Anda…

Ini mungkin karena usia Anda, berat badan, atau kondisi lain yang Anda miliki (seperti tekanan darah tinggi atau diabetes). Jika Anda didiagnosis menderita kolesterol tinggi, biasanya akan disarankan untuk melakukan perubahan gaya hidup untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Makanan yang berbeda menurunkan kolesterol dengan berbagai cara. "Beberapa memberikan serat larut yang mengikat kolesterol dan prekursornya dalam sistem pencernaan dan menyeretnya keluar dari tubuh sebelum masuk ke sirkulasi," jelas Harvard Health.

Oat, barley, dan biji-bijian lainnya adalah sumber serat larut yang baik. Anda juga harus menghindari lemak jenuh jika memungkinkan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Banyak makanan mengandung lemak jenuh, terutama makanan hewani seperti daging, mentega dan produk susu, dan makanan yang dibuat dengannya, seperti kue dan biskuit. Mereka juga ditemukan di beberapa makanan nabati termasuk minyak kelapa dan minyak sawit.

Baca Juga: Duh Aduh… Penderita Diabetes Jangan Sampai Dehidrasi, Bahayanya Sungguh Mengerikan!

"Mengurangi makanan tinggi lemak jenuh dan menggantinya dengan makanan yang lebih tinggi lemak tak jenuh dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol," jelas badan amal kolesterol, Heart UK. Misalnya, lemak nabati dan minyak nabati, ikan berminyak, kacang-kacangan dan biji-bijian. 

Menurut pedoman diet Inggris, sekitar sepertiga dari energi kita harus berasal dari lemak. Itu sekitar 70 gram untuk wanita dan 90 gram untuk pria per hari.

Lemak jenuh seharusnya tidak lebih dari sepertiga dari ini. Itu 20 gram untuk wanita dan 30 gram untuk pria. "Saat Anda berbelanja, periksa label produk untuk melihat berapa banyak lemak yang dikandungnya dan berapa banyak yang akan ditambahkan ke maksimum harian," saran Heart UK.

Baca Juga: Catat! 5 Kebiasaan Ini Bisa Mempercepat Anda Terihat Lebih Tua

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: