Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kabar Baik, Umifenovir Efektif Obati Covid-19

Kabar Baik, Umifenovir Efektif Obati Covid-19 Kredit Foto: Republika
Warta Ekonomi, Jakarta -

Harapan baru penemuan obat Covid-19 datang dari Central Drug Research Institute (CDRI), India. Laboratorium penelitian multi-disiplin itu mengungkapkan bahwa uji klinis obat antivirus Umifenovir yang ditujukan untuk mengobati infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) telah berhasil.

Baca Juga: Penting! Apakah Mengonsumsi Sambal Aman untuk Penderita Diabetes?

Uji coba Umifenovir melibatkan 132 pasien Covid-19. Hasilnya menunjukkan bahwa jika dosis yang tepat diberikan dua kali sehari selama lima hari, obat tersebut dapat secara efektif mengurangi viral load hingga nol pada pasien dengan gejala dan tanpa gejala ringan atau sedang.

Fase ketiga uji coba dilakukan di tiga institut, yakni di KGMU, Ram Manohar Lohia Institute of Medical Sciences (RMLIMS) dan Era's Lucknow Medical College and Hospital (ELMCH). Peneliti memantau uji coba acak, hingga keamanan, dan tolerabilitas Umifenovir dibandingkan dengan perawatan standar terapi.

"Mengingat Umifenovir adalah antivirus spektrum luas dan digunakan sebagai obat bebas yang aman untuk influenza dan pneumonia selama lebih dari 20 tahun di Rusia, China, dan negara-negara lain, jadi dua uji coba tahap pertama tidak wajib," ujar direktur CDRI, Tapas Kundu, dilansir Times Now News, Kamis (16/9).

Berdasarkan pertimbangan tersebut, CDRI dapat langsung menjalani uji coba fase ketiga, yang dilakukan terhadap 132 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit maupun di rumah, di bawah pengawasan rumah sakit tersebut. Dalam sebuah penelitian, mode double-blind disebut dapat meningkatkan keandalan hasil dengan mencegah bias, saat dokter mengevaluasi hasil pasien.

Baca Juga: Sering Dikaitkan dengan Diabetes, Apa Itu Insulin?

"Hasil menunjukkan bahwa viral load pada pasien ringan, sedang, atau tanpa gejala setelah diberi dua dosis Umifenovir (800 mg), dua kali sehari, menjadi nol dalam rata-rata lima hari. Pasien tidak mengalami efek samping dan gejalanya juga tidak menjadi parah," jelas Kundu.

Studi yang dilakukan CDRI, bekerja sama dengan CSIR-IMT, Chandigarh, juga menunjukkan bahwa Umifenovir menunjukkan penghambatan kultur sel yang baik terhadap virus corona jenis baru (SARS-CoV-2), penyebab Covid-19. Ini juga memperlihatkan bahwa obat tersebut menghambat masuknya virus ke dalam sel manusia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: