Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fadli Zon: Kasihan Mahasiswa Baru UI

Fadli Zon: Kasihan Mahasiswa Baru UI Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Universitas Indonesia (UI) mengeluarkan kebijakan mewajibkan mahasiswa baru menandatangani lembar pakta integritas. Kebijakan UI ini direspons sejumlah pihak yang salah satunya Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon.

Fadli yang juga almamater UI menyampaikan pendapatnya melalui akun Twitternya, @fadlizon. Ia mengomentari cuitan dari penulis sekaligus kader Demokrat, Zara Zettira.

Baca Juga: Fadli Zon Usul ke Presiden Jokowi Copot Menteri...

Zara dalam cuitannya mengunggah artikel salah satu portal yang kemudian menambah komentar 'Alhamdulillah kuliah jaman ORBA gada yang kek gini'. Fadli merespons dengan menyampaikan komentar kasihan kepada mahasiswa baru UI. Namun, ia bilang jadi aktivis sebenarnya tak perlu izin karena merupakan panggilan.

"Kasihan mahasiswa baru UI. Tapi utk jd aktivis tak perlu minta izin. Itu tergantung panggilan sejarah," tulis Fadli dikutip pada Minggu, (13/9/2020).

Sebelumnya, UI membuat kebijakan kontroversial yaitu mewajibkan mahasiswa baru menandatangani lembar pakta integritas di atas materai. Bagi mahasiswa yang melanggar, sanksi berat menanti.

Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lusia, menjelaskan lembaran pakta integritas itu jadi salah satu syarat wajib calon mahasiswa baru. Dalam lembar pakta integritas yang diterbitkan pihak rektorat tersebut, pelanggaran terhadap ketentuan berakibat sanksi maksimum pemberhentian sebagai mahasiswa UI.

Adapun sejumlah larangan di antaranya tidak berpolitik praktis dan ikut organisasi tak resmi. Tercatat, ada 13 ketentuan yang tak boleh dilanggar oleh mahasiswa sejak ditetapkan sebagai mahasiswa UI.

"Salah satunya, mahasiswa UI dilarang berpartisipasi dalam kegiatan kelompok/organisasi yang tidak mengantongi izin resmi pimpinan fakultas/universitas," kata Amelita dikutip pada Jumat 11 September 2020.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: