Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fadel Muhammad Harap Bumi Rafflesia Jadi Poros Ekonomi Sumatera

Fadel Muhammad Harap Bumi Rafflesia Jadi Poros Ekonomi Sumatera Kredit Foto: Akurat
Warta Ekonomi -

Menutup rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Bengkulu sejak tanggal 10 hingga 11 November 2021, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menghadiri acara “Ramah Tamah Jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Stake Holder Bersama Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad” di Gedung Daerah Balai Semarak, Bengkulu, Kamis (11/11/2021).

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beserta jajaran pejabat Pemprov dan unsur Forkopimda serta Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi.

Dalam kesempatan itu, Fadel Muhammad membahas seputar Bengkulu. Dikatakannya, walaupun provinsi kecil, namun wilayah yang terkenal dengan sebutan 'Bumi Rafflesia' ini bisa menjadi poros ekonomi di Sumatera.

"Saya melihat ini setelah mengikuti acara panen raya jagung di Bengkulu Selatan. Potensi pertanian di sana bisa menjadi komoditas unggulan yang bisa dibanggakan secara nasional bahkan dunia," katanya. Baca Juga: Fadel Muhammad Dampingi Menkes Buka Vaksinasi Covid-19 Kedua bagi Masyarakat Pulau Tidung

Untuk itu, Pimpinan MPR dari Kelompok DPD ini berpesan kepada Gubernur agar menjaga dan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi jagung. Lebih luas lagi, Gubernur mesti menggali lebih dalam potensi pertanian unggulan lainnya seperti padi, sawit, buah-buahan, sayuran dan lainnya agar Bengkulu tidak hanya mampu menjaga ketahanan pangannya, namun juga berkontribusi aktif dalam menjaga ketahanan pangan secara nasional.

"Jika kondisi itu terjadi, maka rakyat Bengkulu akan naik tingkat kesejahteraannya. Dampak lanjutannya sangat luar biasa, rakyat akan semakin percaya kepada pemimpin daerahnya, sehingga apa pun program Pemprov akan selalu didukung rakyat," ujarnya.

Untuk mewujudkan semua itu, mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pemprov mesti menjamin ketersediaan bibit, pupuk sampai membantu pemasaran. Kedua, pembangunan infrastruktur fisik seperti jalan tol, pelabuhan harus ditingkatkan.

"Info dari Gubernur, pengerjaan tol Bengkulu menjadi salah satu yang tercepat dalam pengerjaan tol provinsi di Indonesia. Itu bagus sekali. Seterusnya, harus digunakan semaksimal mungkin untuk menggenjot ekonomi daerah. Dari performa Bapak Gubernur, saya menaruh keyakinan bahwa beliau mampu membawa Bengkulu seperti yang kita harapkan bersama," tambahnya.

Sementara itu Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan apresiasinya kepada Fadel Muhammad yang berkesempatan menyambangi Provinsi Bengkulu dalam agenda kunkernya sebagai pimpinan MPR RI.

"Bengkulu memang orientasinya pada pengembangan wilayah pesisir, hutan serta pengembangan sektor pertanian dan semua itu sedang kami upayakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya.

"Dalam upaya tersebut, tentu kami butuh dukungan semua pihak. Khusus untuk dukungan yang diberikan Fadel Muhammad sangat kami hargai. Sebab, walaupun beliau bukan berasal dari daerah Bengkulu, namun beliau sangat memberikan perhatiannya kepada pengembangan Bengkulu. Tindakan beliau sangat mencerminkan Pancasila dan bentuk cinta beliau kepada bangsa Indonesia, apa pun sukunya," pungkasnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: