Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Garuda Buka Kembali Rute Penerbangan ke China

Garuda Buka Kembali Rute Penerbangan ke China Kredit Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Warta Ekonomi -

Maskapai Garuda Indonesia mulai membuka kembali rute penerbangannya ke China. Frekuensi terbangnya hanya sehari dalam seminggu.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan sejumlah penerbangan internasional ke China masih ditutup sampai saat ini. Namun, China telah mengeluarkan kebijakan untuk maskapai asing kembali terbang dengan batasan maksimal satu maskapai dengan satu rute yang memiliki frekuensi satu kali dalam seminggu.

Baca Juga: Pendapatan Merosot 90%, Garuda Tertolong Penerbangan Domestik

Kebijakan itu dikeluarkan setelah China menutup penerbangannya selama hampir empat bulan lebih. Irfan mengaku cukup kaget karena memperoleh rute ke Chengdu. Sementara, anak usaha Garuda yaitu Citilink mendapat rute ke Kunming yang bukan merupakan kota-kota utama di China.

"Kebijakannya satu maskapai satu kota sekali dalam seminggu, tapi enggak masalah dan enggak perlu diributkan dengan rute ke kota mananya karena warga China yang mau balik juga tak mempermasalahkan. Infrastruktur darat di China masif jadi dari mendarat di kota manapun tetap bisa menjangkau wilayah tujuan masing-masing," katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Irfan menjelaskan, untuk rute-rute internasional lainnya, Garuda masih menutup rute dari dan ke daerah wisata akibat pengurangan aktivitas wisatawan asing. Maskapai pelat merah tersebut mencontohkan belum membuka rute ke Bali-Jepang.

Ia mengakui, selama pandemi pengurangan frekuensi rute internasional telah dilakukan. Utamanya rute ke Belanda yang saat ini masih seminggu sekali dari sebelumnya enam kali dalam seminggu. Penerbangan ini merupakan repatriasi yang penumpangnya membayar secara personal bukan dibiayai oleh negaranya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: