Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terungkap! Kafein Memicu Risiko Terkena Kanker Payudara? Ternyata Oh Ternyata…

Terungkap! Kafein Memicu Risiko Terkena Kanker Payudara? Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Pexels/Miguel Á. Padriñán
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kanker adalah salah satu penyakit parah yang bisa mengantarkan seseoang kepada kematian. Untuk itu berusaha untuk menghindari atau menangani kanker harus dilakukan agar kondisi kesehatan tidak semakin parah.

Kanker pun banyak jenisnya, salah satunya kanker payudara. Mengutip laman American Cancer Society, Kanker payudara adalah jenis kanker yang dimulai di payudara. Kanker dimulai ketika sel-sel mulai tumbuh di luar kendali.

Baca Juga: Diklaim Sehat, Ternyata Oh Ternyata Makanan Ini Berisiko Hadirkan Masalah Kesehatan, Diabetes?

Sel kanker payudara biasanya membentuk tumor yang sering terlihat pada x-ray atau dirasakan sebagai benjolan. Kanker payudara terjadi hampir seluruhnya pada wanita, tetapi pria juga bisa terkena kanker payudara.

Untuk penyebab kanker payudara, tentu faktor umum seperti pola hidup sehat adalah yang harus menjadi perhatian lebih agar bisa terhindar dari risiko terkena kanker khususnya kanker payudara. Namun terdapat anggapan khusus terkait penyebab kanker payudara yakni konsumsi kafein. Benarkah konsumsi kafein bisa memicu kanker payudara?

Ternyata klaim konsumsi kafein memicu kanker payudara tidaklah kuat. Studi dari University of Buffalo menyimpulkan bahwa wanita pascamenopause yang minum minuman berkafein seperti kopi dan teh tidak memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara karena konsumsi kafein mereka.

Melansir laman Verywell Health, Kexin Zhu, seorang mahasiswa PhD epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Profesi Kesehatan Universitas Buffalo dan penulis penelitian mengatakan bahwa penelitian yang dilakukan berdasarkan banyaknya tumpang tindah klaim antara kebiasaan minum kafein dan diagnosis kanker payudara.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: