Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Edhy Prabowo Siapkan Rp7 Miliar Beli 200 Pucuk Senjata Buat...

Edhy Prabowo Siapkan Rp7 Miliar Beli 200 Pucuk Senjata Buat... Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi -

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, menyiapkan anggaran sekitar Rp7 miliar untuk membeli senjata Senapan Serbu 2 (SS2) buatan PT Pindad sebanyak 200 pucuk.

Senjata tersebut nantinya akan dipakai oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP untuk memperkuat pengawasan dan memberantas kapal pencuri ikan yang masuk wilayah Indonesia.

"Untuk senjata, Pindad sedang proses untuk 200 pucuk untuk perbaikan ke standar sipil. Jadi, realisasinya tinggal menunggu senjatanya jadi," kata Edhy di kantornya kepada wartawan, Jakarta, Rabu 26 Agustus 2020.

Baca Juga: Dapat WTP, Edhy Prabowo Sindir Susi Pudjiastuti: Dulu Disclaimer

Pengadaan senjata ini menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan pihaknya sudah melakukan down payment (DP) sebesar 20 persen. Untuk saat ini, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP mempunyai 38 kapal perikanan.

Namun, yang aktif beroperasi hanya sebanyak 28 unit dengan 10 unit lainnya sedang mengalami perbaikan.

Tak hanya itu, Edhy menyatakan pihaknya telah menerima niat baik Jepang yang akan memberikan dua kapalnya untuk memperketat pengawasan kelautan. Hal itu belum terealisasi karena terganjal satu aturan. Kini pihaknya tengah menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memperkuat pengawasan sumber daya alam. Menteri Pertahanan sudah mendapatkan informasi bahwa Amerika Serikat akan menghibahkan kapal pengawasnya kepada Indonesia," jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya akan menempuh segala cara untuk memperkuat dan mengisi kekurangan armada pengawas sumber daya laut. Karena ia mengakui, untuk saat ini armada pengawas dirasa kurang dengan wilayah laut Indonesia yang luas.

"Makanya kerja sama lintas sektor sangat penting dan kami siap. Kita siap membeli senjata dan menerima kapal hibah dari negeri tetangga untuk memperkuat pengawasan," ungkap Edhy.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: