Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mantul, Mantap Betul! Anies Baswedan Jadi Capres 2024 yang Paling Kompeten!

Mantul, Mantap Betul! Anies Baswedan Jadi Capres 2024 yang Paling Kompeten! Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil survei berdasar pendapat atau opini sejumlah pakar menyebutkan, Anies Baswedan merupakan kandidat capres di Pilpres 2024 paling kompeten.

Survei dilakukan Arus Survei Indonesia (ASI) bersama Sociomap, yang hasilnya dirilis di Jakarta, Selasa (13/7). Direktur Eksekutif Sociomap Ahmad T Wibowo menjelaskan bahwa para pakar yang dimintai pendapat berasal dari 10 kategori profesi yang berbeda dan berasal dari lintas bidang keilmuan.

Sepuluh kategori pakar tersebut adalah akademisi, jurnalis, peneliti, partai politik, LSM, pengusaha, aktivis mahasiswa/pemuda, budayawan, profesional, dan praktisi pemerintahan. Survei pakar atau public opinion makers (POM) survey ini bertema "Menimbang Kapasitas Capres 2024".

Baca Juga: Kirim Surat ke Anies Baswedan, Mengejutkan! Begini Permintaan Kapolda Metro Jaya

Ada 9 aspek yang dinilai dari kandidat capres yaitu visi dan intelektualitas, rekam jejak (track record), karakter dan integritas, skill komunikasi, kemampuan mengambil keputusan tepat, skill mengelola birokrasi, skill mengelola krisis, kemampuan memenuhi janji, serta kemampuan kerja sama dengan DPR. Direktur Arus Survei Indonesia Ali Rif’an mengatakan bahwa survei ini dilakukan karena perlu adanya pengukuran kemampuan kandidat capres selain soal elektabilitas.

"Selama ini kan kebanyakan survei capres soal elektabilitas. Waktu masih 3 tahun lagi. Kita perlu membahas soal kapabilitas kandidat capres karena mengurus negara berpenduduk 270 jiwa tentu butuh kecakapan lebih. Elektabilitas saja tidak cukup jadi perlu pengukuran kapasitas atau kompetensi," ujar Ali dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/7).

Ahmad T Wibowo selaku Direktur Eksekutif Sociomap menegaskan bahwa aspek-aspek yang dinilai dalam survei adalah kemampuan mendasar dan penting yang harus ada dalam diri seorang presiden.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: