Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiba-tiba Bang Sandi Puji Kartu Prakerja, Sampai Bilang Ampuh Atasi Pengangguran

Tiba-tiba Bang Sandi Puji Kartu Prakerja, Sampai Bilang Ampuh Atasi Pengangguran Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sandiaga Uno menyebut program Kartu Prakerja menjadi salah satu cara untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Apalagi akibat pandemi Covid-19, jumlah angka pengangguran pun terus bertambah.

Menurut pria yang kerap disapa Sandi ini, berdasarkan data yang dia miliki, jumlah pengangguran saat ini mencapai 9,77 juta jiwa. Oleh karena itu, perlu langkah terobosan agar angka pengangguran bisa berkurang.

"Di Indonesia, terutama di tengah-tengah pandemi seperti yang sudah kita ketahui, pengangguran meningkat. Total sekarang mencapai 9,77 juta jiwa," ujarnya dalam kelas wirausaha online, Sabtu (14/11/2020). 

Baca Juga: Sambut Habib Rizieq, Sandiaga: Ahlan Wasahlan

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, program Kartu Prakerja merupakan terobosan nyata dari pemerintah untuk menjawab tantangan besar dalam penyediaan lapangan pekerjaan. Karena lewat program Kartu Prakerja, pemerintah bisa membina para sumber daya manusia (SDM) Indonesia agar bisa memiliki kemampuan atau keahlian.

"Peran ini sangat penting untuk mempersiapkan tenaga kerja kita agar semakin produktif, semakin berdaya saing, semakin meningkatkan SDM kita dan kita harus membekali keluarga Indonesia dengan keterampilan yang mereka butuhkan agar bisa mendapatkan penghasilan untuk menghidupi diri mereka dan keluarga," jelas Sandi.

Baca Juga: Ketika Sandiaga Turun Gunung Bantu Menangkan Mantu Jokowi

Menurut Sandi, program Kartu Prakerja juga ikut berperan penting dalam menciptakan pekerjaan sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya. Karena dengan mendidik orang-orang untuk keterampilan maka lapangan pekerjaan akan terbuka bagi mereka terutama di era 4.0

"Kita harapkan hari ini kita launching satu program yang dapat meningkatkan keterampilan wirausaha. Diharapkan juga bisa menjadi pengusaha yang tangguh nih teman-teman para anak muda untuk buka lapangan kerja," jelasnya.

Baca Juga: Bang Sandi Titip Pesan Pergerakan Ekonomi ke Bobby Nasution untuk Medan

Namun menurut Sandi, dalam rangka penyediaan lapangan pekerjaan ini dibutuhkan peran semua pihak. Pembukaan lapangan pekerjaan adalah tantangan yang besar untuk bisa keluar dari keterpurukan yang disebabkan oleh pandemi kepada ekonomi Indonesia.

"Ayo kita sama-sama berkolaborasi dan kerja sama kolosal berskala besar di sektor pemerintahan, di dunia usaha, startup," ucapnya.

Sebagai informasi, Sandiaga Uno menyelenggarakan konferensi pers peluncuran kelas kewirausahaan di Rumah Siap Kerja yang dapat dimiliki oleh penerima Kartu Prakerja melalui Tokopedia. Kelas kewirausahaan ini bekerja sama dengan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja milik pemerintah.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: