Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Cara Menjaga Psikologis Anak Selama Pembelajaran Daring

Warta Ekonomi, Jakarta -

Kebutuhan akses dan penggunaan internet di era pandemi Covid-19 ini meningkat dengan sangat pesat, salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Dalam konteks ini, guna mendorong pada pengalaman belajar peserta didik yang lebih berkesan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran, perlu dirancang metode atau model pembelajaran daring yang sesuai dan efisien.

Hal demikian tidak terlepas dari bagaimana minat belajar adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk keberhasilan belajar yang dimiliki siswa, faktor dari luar minat belajar yaitu bagaimana cara guru tersebut mengajar.

Peran guru sangat penting untuk menumbuhkan minat belajar siswa salah satu dengan cara mengajar yang menyenangkan, memberikan motivasi yang membangun.

Dalam rangka edukasi yang lebih mendalam kepada tenaga pendidik dan peserta didik untuk menjaga kondisi mental dan fisik anak, minat belajar anak, dan optimalisasi kemampuan anak untuk belajar selama pembelajaran daring, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama GNLD Siberkreasi dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan Webinar Digital Society dengan tema "Pentingnya Memperhatikan Psikologis Anak selama Pembelajaran Daring”, pada Kamis, 2 September 2021.

Acara tersebut diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Kemkominfo TV, Siberkreasi, Direktorat Sekolah Dasar, Pendidikan.id, dan Facebook Page Siberkreasi.

Narasumber yang hadir antara lain Psikolog Klinis Anak dan Keluarga, Ike R.Sugianto, Psi., Analis Pengembangan Peserta Didik, Kemendikbud Ristekdikti, Enfira Yanuaristi, M.Psi., Learning Designer Kelas 3 dan 4 SD Sekolah Murid Merdeka, Desri Mutiara Putri, S.Hum., serta hadir pula Dirjen Aptika Kemkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, dan Direktur Sekolah Dasar Kemdikbudristek, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd. sebagai keynote speaker.

Acara dibuka oleh sambutan dari Sri Wahyuningsih yang mengatakan bahwa saat ini kita sedang mempersiapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas, namun sekalipun nanti sudah normal dan dilakukan pembelajaran tatap muka secara seratus persen, manfaat teknologi digital dalam percepatan untuk akses akselerasi dan transformasi kegiatan belajar mengajar tetap harus kita gunakan.

“Saat ini kita sudah berada di kemajuan Industri 4.0, tentu kita harus mengejar ketertinggalan kita khususnya terhadap kualitas layanan pendidikan,” ungkap Sri.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: