Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bea Cukai Sumbagtim Sita Barang Ilegal Puluhan Miliar Rupiah

Bea Cukai Sumbagtim Sita Barang Ilegal Puluhan Miliar Rupiah Kredit Foto: Bea Cukai
Warta Ekonomi, Jakarta -

Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, hal itu tidak mengurangi kegiatan pengawasan yang dilaksanakan oleh tim petugas Bea Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim) dan Kantor Bea Cukai vertikal di bawahnya untuk mengamankan penerimaan negara.

Bea Cukai sebagai salah satu instansi Kementerian Keuangan diamanatkan untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai community protector, yaitu melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya yang dapat merugikan negara. Kepala bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, Asep Munandar, menyampaikan capaian kinerja pengawasan selama semester I tahun 2020.

Baca Juga: Bea Cukai Tasikmalaya Musnahkan BMN Senilai Rp258 juta

"Berkat kerja keras Kanwil Bea Cukai Sumbagtim telah berhasil dilakukan sebanyak 375 penindakan terhadap berbagai komoditas," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Diantaranya adalah rokok ilegal, barang elektronik, 17.640 ekor benih lobster, dan narkotika dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp65,9 miliar dengan total kerugian negara sebesar Rp24,6 miliar. Asep menambahkan, sebagai salah satu wujud pelaksanaan pengawasan, Kanwil Bea Cukai Sumbagtim juga melakukan patroli laut bersama Bea Cukai PSO Tanjung Balai Karimun di wilayah perairan Bangka Belitung hingga ke Sungai Musi.

Sebagai upaya mendukung penurunan jumlah peredaran rokok ilegal, lanjut Asep, Bea Cukai Sumbagtim turut menggelar operasi Gempur Rokok Ilegal 2020 bersama Kantor Bea Cukai vertikal.

"Petugas kami berhasil mengamankan total lebih dari 12,9 juta batang rokok ilegal, 91.014 gram tembakau iris, dan 5.820 liter miras ilegal," ungkapnya.

Asep menuturkan, tidak hanya mengamankan penerimaan negara, Bea Cukai juga merupakan salah satu garda terdepan dalam mencegah penyelundupan masuknya barang-barang berbahaya. Kanwil Bea Cukai Sumbagtim bersinergi dengan POLRI, TNI, BNN, dan aparat penegak hukum lain telah mengamankan narkotika di antaranya 7.000 gram sabu dan 2 gram amphetamine dengan perkiraan nilai barang mencapai Rp3 miliar.

Asep menambahkan bahwa pandemi Covid-19 ini menjadi tantangan bagi Kanwil Bea Cukai Sumbagtim dan satuan kerja vertikal untuk selalu bekerja keras menjalankan fungsi community protector secara efektif dan aman dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Situasi pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan semangat Bea Cukai untuk melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang ilegal dan berbahaya," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: