Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung Pemulihan Ekonomi, BI Sumut Gelar Event KKSU secara Virtual

Dukung Pemulihan Ekonomi, BI Sumut Gelar Event KKSU secara Virtual Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

Dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi khususnya wilayah Sumatera Utara, melalui sinergi berbagai pihak dengan mendorong kemajuan UMKM, Bank Indonesia wilayah Sumatera Utara menggelar event Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) tahun ini yang mengusung tema Bersinergi Membangun Negeri, UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia Tangguh secara virtual. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo mengatakan bahwa tema ini dipilih sebagai upaya untuk terus mengakselerasi pemulihan ekonomi khususnya di wilayah Sumatera Utara dengan mendorong kebangkitan UMKM di masa pandemi covid-19, baik pelaku usaha konvensional maupun pelaku usaha syariah dan upaya adaptasi pelaku usaha menuju kehidupan normal baru, serta mendorong UMKM dalam memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital.

"Event KKSU yang kita selenggarakan pada tahun ini merupakan kali kedua setelah yang pertama pada tahun 2020. Kegiatan akan dilaksanakan secara virtual selama empat hari terhitung sejak kemaren hari Kamis, tanggal 16 September 2021 sampai dengan hari Minggu, 19 September 2021, dengan dua agenda utama, yaitu Forum KKSU dan KKSU Fair," katanya, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga: Sama Dengan Minggu Lalu, BI Prediksi Inflasi Pekan ini 0,01%

Dikatakannya, bahwa tujuan menyelenggarakan KKSU 2021 ini adalah untuk meningkatkan edukasi, literasi, kesadaran, dan sinergi dalam mendukung program pengembangan UMKM, serta sebagai ajang promosi produk, pendorong digitalisasi UMKM, perluasan akses pasar dan akses pembiayaan UMKM menuju pemulihan ekonomi secara berkelanjutan.

"Selain itu, sebagai wujud tindak lanjut dari kolaborasi dan sinergi dengan Kemenparekraf dalam mendorong akses pasar, UMKM yang berpartisipasi pada KKSU 2021 akan dilakukan proses kurasi lebih lanjut untuk diikutsertakan pada showcasing produk di Sopo Del Tower Jakarta dan berpartisipasi pada Festival Kreatif Lokal 2021 Kemenparekraf di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas," ujarnya.

Dalam memanfaatkan momentum tersebut, pihaknya bersama stakeholder terkait terus berupaya mengakselerasi kebangkitan UMKM guna memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital, mendorong transformasi UMKM di bidang digitalisasi baik dari sisi produksi, pemasaran, pembiayaan, maupun pembayaran.

Selain itu, pengembangan UMKM juga diarahkan pada integrasi platform digital dengan interaksi merchant-platform consumer. 

"Kami berharap penyelenggaraan KKSU 2021 pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara ke arah yang lebih baik. Momentum pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara didorong oleh berbagai sumber pertumbuhan ekonomi terutama ekspor, konsumsi, belanja pemerintah dan investasi serta dari berbagai lapangan usaha," pungkasnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: