Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Ramadan, TPID Gelar Rapat Koordinasi Rumuskan Pengendalian Inflasi

Jelang Ramadan, TPID Gelar Rapat Koordinasi Rumuskan Pengendalian Inflasi Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Jakarta -

Rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berkala untuk mengevaluasi perkembangan harga dan merumuskan kebijakan pengendalian inflasi di daerah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo mengatakan kali ini menjadi lebih penting seiring dengan momentum persiapan menyambut Ramadhan dan HBKN yang umumnya terjadi peningkatan permintaan dan berpotensi memicu gejolak harga.  Baca Juga: Susul China, Bank Indonesia Ancang-Ancang Rilis 'Rupiah Digital' Loh

"Fluktuasi harga yang terjadi tersebut umumnya disebabkan oleh keterbatasan pasokan dan permasalahan distribusi. Menyikapi kondisi demikian, kiranya kita tetap perlu mencermati bersama ketersediaan komoditas utama penyumbang inflasi, agar tetap dalam jumlah yang cukup dan harga terjangkau, pada fase ramadhan dan lebaran," katanya, Jumat (9/4/2021).

Baca Juga: Gokil! Bank Indonesia Catat Uang Beredar Pada Januari 2021 Sebesar Rp6.761,0 Triliun

Adapun pelaksanaan High Level Meeting TPID pada hari ini juga dirangkaikan dengan Launching TP2DD Sumatera Utara. Dengan telah diterbitkannya Keputusan Presiden No. 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) pada tanggal 4 Maret 2021, tentu ini menjadi momentum yang tepat.

"Kegiatan TP2DD merupakan bagian dari upaya kita untuk mengakselerasi perluasan elektronifikasi dan digitalisasi di daerah. Di tengah pandemi, tentunya kebijakan strategis ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat serta Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga pada gilirannya juga mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah," ujarnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: