Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Agustus 2020, Konsumen Masih Pesimis ke Kondisi Ekonomi Indonesia

Agustus 2020, Konsumen Masih Pesimis ke Kondisi Ekonomi Indonesia Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Agustus 2020 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terus membaik meskipun masih berada pada zona pesimis (IKK) Agustus 2020 sebesar 86,9 yang lebih tinggi daripada IKK Juli 2020 sebesar 86,2.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko, mengatakan bahwa keyakinan konsumen menguat pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp2-4 juta per bulan dan pada responden berusia 20-50 tahun. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 8 kota survei dengan kenaikan tertinggi di kota Surabaya, Manado, dan Denpasar.

Baca Juga: Konsumen Kian Terfragmentasi, Pemasar Ditantang Lakukan Ini

"Membaiknya keyakinan konsumen pada Agustus 2020 didorong oleh persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Persepsi tersebut terus membaik ditopang oleh meningkatnya keyakinan terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama," ujar Onny di Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada enam bulan mendatang cukup optimistis meskipun melemah dibandingkan dengan ekspektasi pada bulan sebelumnya.

"Hal tersebut disebabkan oleh ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha ke depan yang tidak sekuat bulan sebelumnya," tukasnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: