Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diserbu Konsumen Korsel hingga Italia, UMKM Cuan sampai Rp4,86 M!

Diserbu Konsumen Korsel hingga Italia, UMKM Cuan sampai Rp4,86 M! Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri I yang digelar pada 28-30 Agustus 2020 lalu mencatat omzet penjualan produk UMKM yang terdiri dari kain, kerajinan, makanan dan minuman sebesar Rp4,86 miliar.

Dalam KKI 2020 Virtual Seri I juga dilakukan one-on-one meeting yang berhasil mempertemukan 31 UMKM dengan 16 pembeli potensial (potential buyers) dari Singapura, Italia, Korea Selatan, Jepang, China, dan Australia serta agregator dari Indonesia.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko mengatakan selama periode setelah KKI 2019 hingga KKI 2020 Virtual Seri I diselenggarakan, BI mencatat kenaikan nilai kesepakatan bisnis (penjualan ekspor, pembiayaan, penjualan melalui e-commerce) sebesar 54% dibandingkan periode sebelumnya.

Baca Juga: Anak Buah Sri Mulyani Turun Tangan, Serang Kicauan Said Didu

Baca Juga: Dyandra Fokus Bisnis Baru, Berkebun!

"Komitmen nilai kesepakatan bisnis sebesar Rp113,2 miliar antara 328 UMKM dengan para mitra bisnis ini disertai penandatanganan kontrak ekspor dan akad kredit UMKM dengan lembaga keuangan," katanya di Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Berbagai pencapaian KKI Seri I ini diharapkan mampu mendorong transformasi digital UMKM dan menjadikan UMKM sebagai sumber kekuatan baru perekonomian nasional untuk Indonesia maju.

Diselenggarakan secara virtual, jumlah pengunjung KKI di berbagai kanal (baik melalui Zoom, platform KKI, Youtube, Instagram, dan Facebook), baik untuk menyaksikan kegiatan aktivasi, maupun pameran, mencapai 28.545 orang.

KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM Binaan BI, dengan bersinergi bersama Kementerian/Lembaga dalam pengembangan UMKM.

BI akan kembali menggelar KKI Seri II Sinergi untuk UMKM Digital di bulan Oktober dan seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial di bulan November. Dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI tetap menyediakan menu katalog pada website KKI www.karyakreatifindonesia.co.id

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: