Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dibandingkan Desember, Pertumbuhan Penjualan Eceran Januari 2019 Masih Rendah

Dibandingkan Desember, Pertumbuhan Penjualan Eceran Januari 2019 Masih Rendah Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) menilai penjualan eceran tumbuh tinggi pada Januari 2019. Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) hasil survei penjualan eceran BI yang tumbuh 7,2% (yoy). Meski begitu, angka ini masih lebih rendah dibandingkan 7,7% (yoy) pada Desember 2018.

"Pertumbuhan penjualan eceran tersebut terutama ditopang oleh peningkatan penjualan subkelompok komoditas sandang dan komoditas barang budaya dan rekreasi," ujar BI dalam pernyataan resminya di Jakarta, Senin (11/3/2019) malam.

Baca Juga: BI Klaim Penjualan Eceran Meningkat, Apa Maknanya?

Penjualan eceran diprakirakan tumbuh meningkat pada Februari 2019. Hal ini terindikasi dari IPR Februari 2019 yang tumbuh 10,9% (yoy), didorong oleh penjualan subkelompok komoditas sandang dan komoditas barang budaya dan rekreasi. Peningkatan penjualan tersebut antara lain didorong faktor musiman perayaan hari raya Imlek.

"Hasil survei juga mengindikasikan penurunan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (April 2019)," kata BI.

Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) tiga bulan yang akan datang sebesar 154,3, lebih rendah dibandingkan IEH pada bulan sebelumnya sebesar 156,9.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: