Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan Emas atau Tanah, Chairul Tanjung Beberkan Data Bakal Jadi Aset Paling Berharga di Dunia!

Bukan Emas atau Tanah, Chairul Tanjung Beberkan Data Bakal Jadi Aset Paling Berharga di Dunia! Kredit Foto: CT Corp
Warta Ekonomi, Jakarta -

Konglomerat Chairul Tanjung mengungkap era disruptif teknologi 4.0 di mana banyak hal di dunia ini berubah. Padahal, menurut pendiri CT Corp ini, perubahan bukan hanya terjadi pada masa sekarang tetapi sudah terjadi sejak zaman dahulu, meski lebih lambat dari zaman teknologi ini.

Hal tersebut diungkap oleh pria yang biasa disapa CT ini melalui video YouTube bertajuk "Motivasi - drg. Chairul Tanjung, MBA".

Disruptif atau gangguan ini bukan era baru tetapi sudah terjadi sejak zaman dahulu. Contohnya sebelum ada mobil, orang-orang memakai kereta kuda hingga pada tahun 1991, muncul teknologi ponsel dengan GSM.

Baca Juga: Chairul Tanjung: Era Digital Bakal Hilangkan 5 Juta Pekerjaan

"Era perubahan selalu menimbulkan disruption (kerusakan), tetapi disruption saat ini agak berbeda karena digital disruption," ujar CT.

Akibatnya, menurut CT, digital disruption lebih berbahaya dari disruption sebelumnya. Digital disruption lebih cepat, lebih sering berdampak lebih besar. Karena itu, jika tidak memahami, dan mencoba adaptasi kita akan tertinggal dan kalah dengan persaingan. Hal ini karena era disruption selalu menguntungkan konsumen melalui aplikasi berbasis teknologi yang mensubsidi konsumen. "Itulah kenapa mereka bisa memberikan harga lebih murah daripada konvensional," ujar CT.

Inilah contoh digital disruption mengakibatkan sebuah perubahan yang luar biasa. Revolusi digital juga menjadikan banyak produk menjadi absolut, contohnya smartphone yang bisa menjadi tv, kamera dan telepon.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: