Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Demokrat Kubu Moeldoko: SBY 'Bernafsu' Jadikan AHY Menteri Jokowi

Demokrat Kubu Moeldoko: SBY 'Bernafsu' Jadikan AHY Menteri Jokowi Kredit Foto: Instagram Agus Harimurti
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Departemen Komunikasi dan Informatika DPP Partai Demokrat pimpinan Moeldoko, Saiful Huda Ems, menyatakan bahwa isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju Jilid II Pemerintahan Jokowi makin kencang. Apalagi, isu reshuffle kabinet Jilid II itu dibenarkan oleh juru bicara Istana Presiden Fadjroel Rachman.

"Bahwa reshuffle itu benar akan terjadi dalam pekan-pekan ini, meski Fadjloer tidak pernah menyebut siapa-siapa yang akan di-reshuffle dan siapa-siapa yang akan menjadi menteri baru di Pemerintahan Jokowi," kata Saiful kepada wartawan, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Jokowi Mau Ganti-Ganti Menteri, Kubu AHY Kepedean Seperti Mau Diajak: Demokrat Oposisi Aja..

Saiful mengatakan, ada desas desus isu yang menyatakan bahwa menantu Wakil presiden Ma'ruf Amin, yakni Muhammad Rapsel Ali yang merupakan suami dari putri keempat Wapres Ma'ruf Amin yang juga merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai NASDEM, akan masuk menjadi bagian dari menteri baru di jajaran Kabinet Indonesia Maju hasil reshuffle jilid II Pemerintahan Jokowi.

"Namun, ada pula kampanye-kampanye lain yang terselubung, dan yang lebih terkesan titipan dan sangat dipaksakan yang datang dari CV Partai Cikeas," ungkap pria yang akrab disapa SHE itu.

Dia menuturkan, Setyo Purwanto, seorang direktur eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy memberi tanggapan soal isu reshuffle kabinet jilid II ini. Ia mengatakan bahwa Partai Demokrat memiliki peluang besar untuk menjadikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menpora menggantikan Zainudin Amali.

Menurutnya, AHY berpeluang menjadi Menpora karena jiwa mudanya yang visioner. Lebih lanjut Setyo mengatakan, hal itu bisa menjadi upaya dalam melanjutkan proyek yang ingin dilanjutkan oleh Menpora Zainudin Amali. "Mungkin saja ada kolaborasi bawah tanah dengan Darmizal cs. yang menginginkan proyek Wisma Atlet Hambalang dilanjutkan. Nah, AHY paling cocok jadi Menporanya," jelas Setyo Purwanto.

Merespons analisis Setyo, menurut SHE, kita sebagai masyarakat sangat mudah sekali melihat apa yang ada di balik kata-kata Setyo ini. Dia menyebut, nampak sekali ada Kuntil Anak di Balik Hambalang, alias ada i'tikad jahat di balik kampanye terselubung yang agaknya merupakan titipan Raja Mangkrak Hambalang, SBY melalui para pengamat politik sewaannya yang terkesan sangat ingin memaksakan anaknya (AHY) untuk menjadi menteri setelah SBY gagal total menjadikan AHY sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu itu.

"Meskipun saat itu seluruh pendukungnya sudah dikerahkan ke Jakarta melalui Lebaran Kuda, AHY tetap kalah total dan berada di urutan no buncit di bawah Ahok," ucapnya.

Kata SHE, Setyo mungkin lupa bahwa selama SBY menjadi Presiden RI dua periode, banyak sekali proyek-proyek mangkrak yang ditinggalkannya, hingga Pemerintahan Jokowi dibuat repot untuk menyelesaikan proyek-proyek mangkrak itu. Proyek-proyek mangkrak SBY yang jika didaftar satu persatu menggunakan kertas Kuarto A4 yang telah diprinter dari komputer, panjangnya bisa mencapai dari Monas Jakarta hingga rumah SBY di Cikeas Bogor.

"Apa Setyo lupa bahwa dengan banyaknya Proyek-Proyek Mangkrak SBY itu Presiden Jokowi sempat memerintahkan BPK dan beberapa kementerian terkait, seperti Menteri PU, Menteri BUMN dll. untuk melakukan analisis dan audit terhadap banyaknya proyek-proyek mangkrak yang ditinggal lari oleh SBY hingga merugikan negara triliunan rupiah itu? Proyek jalan tol Pemalang-Surabaya, proyek jalan tol Cimanggis-Cibitung, proyek Jembatan Merah-Putih Ambon, proyek Bandara Kertajati ditinggal kabur oleh SBY kemudian dirampungkan oleh Presiden Jokowi," ujarnya.

Belum lagi, kata SHE, 34 proyek mangkrak Pembangkit Listrik 35.000 MW yang dibangun dan ditinggal lari, kabur oleh SBY sejak tahun 2008 hingga tumbuh rumput dan padang ilalang, membuat Pemerintahan Jokowi pusing kepalang karena Jokowi kebagian PR untuk melanjutkan proyek yang dananya dahulu sudah mengalir deras triliunan, tetapi tidak pernah jelas pertanggungjawabannya oleh SBY itu.

"Belum lagi bicara soal Proyek Hambalang yang nilai proyeknya nyaris mendekati 3 triliun rupiah, dananya habis dibuat bancakan ramai-ramai oleh gerombolan Cikeas perusak negara," katanya.

Menurut SHE, Presiden Jokowi sangat terlihat masih berusaha menahan diri untuk tidak mendesak KPK agar selekasnya menuntaskan perburuan koruptor proyek-proyek mangkrak peninggalan SBY itu. Lalu, kenapa SBY masih belum juga sadar-sadar dan malah terkesan memaksakan anaknya (AHY) untuk menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Jokowi.

"Ada apa dengan SBY? Ada apa dengan Setyo Purwanto Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Demokcratic Policy? Sekali lagi saya katakan, Reshuffle Kabinet itu murni hak konstitusional Presiden Jokowi, maka jangan sekali-kali lagi menekan-nekan Presiden Jokowi untuk memasukkan AHY ke Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Jokowi karena Presiden Jokowi itu tidak bisa ditekan-tekan," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: