Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi Tinjau Rumah Oksigen Gotong-Royong yang Dibangun Kadin Indonesia

Presiden Jokowi Tinjau Rumah Oksigen Gotong-Royong yang Dibangun Kadin Indonesia Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo meninjau  Rumah Oksigen Gotong Royong di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (24/7) siang didampingi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid dan CEO GoTo Andre Soelistyo, Jokowi memastikan kesiapan fasilitas kesehatan yang diinisiasi oleh Kadin Indonesia, GoTo, PT Aneka Gas Industri (Samator Grup), yang juga didukung oleh PT Master Steel, Tripatra Engineering, serta Halodoc tersebut.

Menurut Jokowi, dioperasionalkan sebagai fasilitas isolasi dan perawatan bagi pasien Covid-19, Rumah Oksigen Gotong Royong akan membantu mengurangi tekanan pada rumah sakit, terutama di beberapa provinsi yang memiliki tingkat keterisian tempat tidur cukup tinggi. Jokowi pun berharap inisiatif serupa bisa dilakukan di daerah lain.

"Saya sangat menghargai dan kita berharap ini tidak dibangun, dikerjakan di Jakarta saja, tetapi bisa dicopy di tempat-tempat lain, di provinsi-provinsi lain. Kita harapkan nanti ini segera bisa dioperasikan dan bisa dimanfaatkan oleh rakyat," kata Jokowi.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, mengapresiasi dukungan Presiden Jokowi terhadap pembangunan Rumah Oksigen Gotong Royong tersebut. Dibangun dengan semangat gotong royong oleh kalangan dunia usaha, Arsjad menyatakan inisiatif serupa akan diwujudkan di kota lain. Upaya tersebut terutama untuk membantu wilayah yang membutuhkan tambahan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19.

"Ini adalah yang pertama, namun harapannya akan ada rumah oksigen lainnya. Selain di sini, nanti di Jawa Timur, di Jawa Tengah, dan lain-lain," kata Arsjad.

Ikut turun gelanggang menghadang laju pandemi, Arsjad menyatakan, para pengusaha siap turun gunung, bergotong-royong bersama pemerintah dan kelompok masyarakat lainnya. "Para pengusaha siap berjuang, bekerja sama, bergotong royong untuk memenangkan perang melawan pandemi," tutur Arsjad.

Untuk diketahui, Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan fasilitas kesehatan semi-permanen yang didirikan berdekatan dengan pabrik oksigen milik PT Aneka Gas Industri. Dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen langsung dari pabrik gas yaitu Samator dan memiliki 500 tempat tidur perawatan bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang. Fasilitas tersebut  direncanakan akan resmi beroperasi dalam waktu dekat.

Hadirnya Rumah Oksigen Gotong Royong diharapkan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan akses terhadap oksigen medis. Seperti harapan Presiden Jokowi, fasilitas kesehatan ini nantinya akan turut membantu meredakan tekanan rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19. Para pasien Covid-19  bisa masuk dan dirawat di fasilitas tersebut, serta mendapatkan obat dan akses ke oksigen. Rumah Oksigen Gotong Royong juga akan menyiapkan ketersediaan oksigen setiap saat bagi para pasien Covid-19. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Bagikan Artikel: