Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sri Mulyani Bawa Kabar Bahagia: Ekonomi RI Terbaik Kedua Dunia Setelah China!

Sri Mulyani Bawa Kabar Bahagia: Ekonomi RI Terbaik Kedua Dunia Setelah China! Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kabar baik datang di tengah krisis akibat pandemi Covid-19. Bagaimana tidak, ekonomi RI mencatatkan pertumbuhan yang mengesankan tahun ini. Hal tersebut terungkap dalam laporan terbaru Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20. IMF menyebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia terbaik kedua setelah China.

"Indonesia itu nomor 2 paling baik ekonominya. Pertama China yang tidak mengalami kontraksi kemungkinan tahun ini tumbuh 1,9%," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (24/11/2020).

Menurut dia, perekonomian global mengalami turbulensi tahun ini termasuk anggota G20. Namun demikian, dibandingkan negara G20 lainnya RI masih menduduki peringkat atas secara ekonomi.

Baca Juga: Panas Dituding Rizal Ramli 'Tukang Ngemis' Utang, Sri Mulyani Buka Suara

"Kondisi G20 dengan ekonomi terbesar dunia mengalami kontraksi. Indonesia itu nomor 2 paling baik dari sisi kontraksinya. Untuk Indonesia kontraksi 1,5% negara G20 lainnya kontraksi sangat dalam," kata dia.

Dia mengatakan bahwa perekonomian Indonesia akan mulai rebound di 2021. Berbagai kebijakan fiskal dan moneter membantu ekonomi dan action plan memulihkan ekonomi di negara-negara G20 di samping melaukan kebijakan struktural dalam upaya memperkuat ekonomi.

"Seperti Indonesia yang sudah mengesahkan Omnibus Law baik di bidang perpajakan maupun reformasi APBN dari sisi pajak, belanja, bidang sektoral seperti bidang pendidikan dan kesehatan," jelasnya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: