Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sri Mulyani Kasih Sinyal: Ekonomi RI Berangsur-angsur Pulih

Sri Mulyani Kasih Sinyal: Ekonomi RI Berangsur-angsur Pulih Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Komite Stabilisasi Sistem Keuangan (KSSK) Sri Mulyani Indrawati mengatakan stabilitas sistem keuangan selama triwulan III 2020 tetap terjaga. Kondisi ini menopang pemulihan ekonomi yang berangsur membaik.

Sri Mulyani mengatakan indikator stabilitas sistem keuangan tetap berada pada kondisi normal di tengah masih tingginya ketidakpastian sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Menghadapi ketidakpastian tersebut, KSSK akan terus memperkuat sinergi guna mempercepat pemulihan ekonomi dan menjaga stabilitas sistem keuangan.

Ia mengatakan aktivitas perekonomian global di triwulan III 2020 menunjukkan pemulihan pascatekanan yang dalam pada triwulan II 2020 akibat pembatasan sosial di berbagai negara semenjak diumumkannya pandemi Covid-19 oleh World Health Organization (WHO).

Baca Juga: Bisnis Otomotif Astra Buntung, Pemegang Sahamnya Malah Ketiban Untung

Perkembangan ini sejalan dengan revisi International Monetary Fund (IMF) terhadap proyeksi pertumbuhan PDB global 2020 menjadi -4,4% (yoy), dari proyeksi Juni 2020 sebesar -5,2 persen (yoy).

"Revisi tersebut terutama ditopang pemulihan aktivitas ekonomi triwulan III 2020 di negara maju dan Tiongkok yang lebih baik dari perkiraan serta mobilitas global yang kembali meningkat pasca pelonggaran pembatasan sosial," katanya di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Sementara perekonomian domestik juga secara berangsur-angsur membaik, terutama setelah mengalami tekanan pada triwulan II 2020 sebesar -5,32% yang didorong oleh percepatan realisasi stimulus fiskal dan perbaikan ekspor.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: