Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Benteng Ekonomi RI, Bamsoet Ajak SOKSI Genjot Digitalisasi UMKM

Benteng Ekonomi RI, Bamsoet Ajak SOKSI Genjot Digitalisasi UMKM Kredit Foto: MPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong kepengurusan SOKSI periode 2020-2025 di bawah kepemimpinan Ketua Umum Ahmadi Noor Supit, Sekretaris Jenderal Muhammad Misbakhun, dan Bendahara Umum Robert Kardinal, bisa bergotong royong menyukseskan berbagai agenda pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Memiliki 20 anggota DPR RI yang bergabung dalam kepengurusan, SOKSI punya peran besar memengaruhi kebijakan pemerintah, khususnya dalam memulihkan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19. Bamsoet menyebut, perekonomian RI di kuartal II negatif 5,34 persen. Menkeu pun sudah memprediksi jika pertumbuhan ekonomi di kuartal III juga masih negatif. Dengan begitu, jelas Bamsoet, Indonesia bersiap masuk ke jurang resesi.

Baca Juga: Bersama Puan Maharani, Bamsoet Terima Brevet Warga Kehormatan BIN

"Konsumsi masyarakat dan investasi masih melambat. Kalangan kelas menengah masih banyak yang menahan pengeluarannya. Akibatnya, roda ekonomi tak begerak. Dengan demikian, Indonesia bersiap memasuki jurang resesi ekonomi. Agar di Kuartal IV jurang resesinya tak terlalu dalam, perlu kerja keras semua pihak, termasuk SOKSI," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Sebagai Wakil Ketua Umum SOKSI, Bamsoet menegaskan, pengurus SOKSI yang 60 persennya diisi milenial dan perempuan ini harus mampu menjadi bagian dari penyelamat ekonomi nasional dengan berusaha membuka lapangan kerja seluasnya. Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), saat ini sudah ada 16,5 juta penduduk Indonesia menganggur akibat pandemi Covid-19. Terdiri dari 7 juta pengangguran existing, 2,5 juta pengangguran angkatan kerja, dan 7 juta pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja.

"Memang tak mudah menciptakan lapangan pekerjaan di tengah suasana pandemi Covid-19. Bahkan, mempertahankan yang sudah ada saja rasanya juga sulit. Namun, kita tak boleh berputus asa. Sektor UMKM bisa menjadi andalan," tutur Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 ini memaparkan, dari anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang mencapai Rp695,2 triliun, sektor UMKM mendapatkan bantuan sekitar Rp68,2 triliun. Antara lain, Rp34,15 triliun untuk subsidi bunga; Rp28,06 triliun untuk insentif pajak PPh 21 DTP dan PPh final UMKM DTP; serta Rp 6 triliun untuk penjaminan kredit modal kerja baru UMKM. Masyarakat bisa memanfaatkan bantuan tersebut untuk mengerakkan sektor UMKM.

"SOKSI harus ikut bagian dalam menciptakan wirausaha baru, terutama di sektor UMKM. Sekaligus, mendampingi pengusaha UMKM yang sudah ada agar bisa bergerak ke ranah digital," pinta Bamsoet.

Dia menjelaskan, data terakhir yang dihimpun Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2018, jumlah UMKM yang mampu beradaptasi dan terhubung dengan ekosistem digital baru 13 persen, atau sekitar 8,3 juta dari 64,19 juta unit UMKM. Penyebab terbesarnya karena mereka tak memahami dunia digital.

"Karenanya, perlu pendampingan, salah satunya dari kader SOKSI," pungkas Bamsoet.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: