Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tajikistan Mulai Terima Ratusan Pengungsi yang Datang dari Afghanistan

Tajikistan Mulai Terima Ratusan Pengungsi yang Datang dari Afghanistan Kredit Foto: Antara/REUTERS/Mohammad Ismail
Warta Ekonomi, Kabul -

Setidaknya 347 pengungsi dari Afghanistan telah menyeberang ke negara Tajikistan dalam dua hari terakhir. Mereka melarikan diri dari serangan Taliban, di tengah penarikan pasukan asing dari Afghanistan. 

Kantor berita Khovar, mengutip penjaga perbatasan Tajikistan pada Rabu (14/7/2021) mengatakan, para pengungsi melarikan diri dari Taliban untuk menyelamatkan hidup mereka. Badan tersebut menambahkan, dua bayi meninggal selama penyeberangan ke perbatasan.

Baca Juga: Presiden Afghanistan Ingatkan Taliban Hati-hati saat Merebut Wilayah

Tajikistan mengatakan, para pengungsi Afghanistan yang menyeberang terdiri dari 64 anak laki-laki dan 113 perempuan. Mereka menyeberang dari provinsi Badakhshan Afghanistan, dengan membawa ternak mereka.

"Penjaga perbatasan Tajik, dipandu oleh prinsip-prinsip humanistik dan sikap bertetangga yang baik, mengizinkan pengungsi Afghanistan masuk,” kata laporan Khovar.

Pengungsi Afghanistan ditampung di dua lokasi di wilayah pegunungan Murghab. Para pengungsi membawa  ternak yang terdiri dari 300 ekor yak, tiga ekor unta, dan 30 ekor kuda.

Penjaga perbatasan mengatakan, situasi di sepanjang perbatasan terkendali.

Sebelumnya pada Rabu, utusan Kremlin untuk Tajikistan, Zamir Kabulov, mengatakan kepada kantor berita Rusia RIA Novosti bahwa, Moskow memantau dengan cermat situasi di perbatasan Afghanistan dengan negara-negara Asia Tengah. Dia menambahkan, Taliban menegaskan kembali bahwa mereka tidak akan melancarkan serangan terhadap negara tetangga Afghanistan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: