Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Klausul Percepatan Pelunasan?

Apa Itu Klausul Percepatan Pelunasan? Kredit Foto: Freepik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Klausul percepatan pelunasan adalah ketentuan kontrak yang memungkinkan pemberi pinjaman meminta peminjam untuk membayar kembali semua pinjaman yang terhutang jika ada persyaratan yang tidak terpenuhi. Klausul percepatan menguraikan alasan pemberi pinjaman dapat meminta pembayaran kembali pinjaman dan pembayaran yang diperlukan.

Klausul percepatan pelunasan memungkinkan pemberi pinjaman untuk meminta pembayaran sebelum persyaratan standar pinjaman berakhir. Klausul percepatan biasanya bergantung pada pembayaran tepat waktu.

Baca Juga: Apa Itu Klausul Hilang Total?

Klausul percepatan pelunasan biasanya didasarkan pada tunggakan pembayaran, namun jumlah tunggakan pembayaran dapat bervariasi. Beberapa klausul percepatan mungkin meminta pembayaran segera setelah satu pembayaran terlewat sementara yang lain mungkin mengizinkan dua atau tiga pembayaran yang terlewat sebelum menuntut agar pinjaman dibayar penuh. Menjual atau mentransfer properti ke pihak lain juga berpotensi menjadi faktor yang terkait dengan klausul percepatan.

Dengan pembayaran penuh pinjaman, peminjam dibebaskan dari pembayaran bunga lebih lanjut dan pada dasarnya melunasi pinjaman lebih awal pada saat klausul percepatan diberlakukan.

Klausul percepatan pelunasan paling sering ditemukan dalam hipotek dan pinjaman real estat. Karena pinjaman ini cenderung sangat besar, klausul tersebut membantu melindungi pemberi pinjaman dari risiko gagal bayar peminjam. Pemberi pinjaman dapat memilih untuk memasukkan klausul percepatan untuk mengurangi potensi kerugian dan memiliki kendali yang lebih besar atas properti real estat yang terkait dengan pinjaman hipotek.

Dengan klausul percepatan, pemberi pinjaman memiliki kemampuan yang lebih besar untuk menyita properti dan menguasai rumah. Ini mungkin menguntungkan bagi pemberi pinjaman jika peminjam gagal bayar dan pemberi pinjaman yakin mereka dapat memperoleh nilai melalui penjualan kembali.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: