Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Beli CCTV atau IP Cam? Ini Bedanya, Pahami Dulu

Beli CCTV atau IP Cam? Ini Bedanya, Pahami Dulu Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sama -sama berperan sebagai kamera pengawas, tidak banyak yang tau perbedaan antara Closed-Circuit Television  (CCTV) dengan IP Cam (Internet Protocol Camera) atau Smart Cam atau WiFi Cam.  CCTV yang  mengandalkan sinyal analog dan IP Cam seperti Imou yang mengandalkan koneksi internet, memiliki tingkat ketajaman, analisa video hingga efisiennya yang berbeda.

Dari segi kualitas gambar, memang IP Camera jauh berkualitas dengan CCTV analog biasa. Bahkan bisa dikatakan bahwa kualitas gambar terbaik CCTV pun masih kalah dengan kualitas IP Camera yang paling rendah. Dari segi analisa video,  tidak seperti CCTV yang hanya menyimpan hasil rekaman selama beberapa saat saja, IP Camera mampu menyimpan hasil rekaman lebih lama sehingga proses analisa video lebih mudah dilakukan.

Kemudian, dari sisi efisiensi, IP Camera jauh lebih efisien dibanding CCTV analog. banyak perangkat keras dan kabel jika memilih menggunakan CCTV analog. Belum lagi konfigurasi yang sulit antara DVR dengan setiap kamera yang terhubung, sekaligus dengan monitornya. Berbeda dengan IP Camera, Anda hanya perlu menyetel switch yang nantinya akan langsung ditransfer ke Network Video Recorder. 

Seperti IP Cam Imou, keunggulan yang dimiliki ini membuatnya lebih cocok digunakan untuk mengawasi rumah, kantor, gudang atau tempat-tempat lain secara smart. Apalagi dewasa ini banyak perumahan yang dibangun dengan konsep smart home yang terkoneksi dengan internet dan teknologi mutakhir.

“Yang jelas IP Cam Imou ini punya field of view lebih luas, zoom lebih besar, dan audio sudah full duplex, ini tidak akan ditemukan di CCTV. Jadi ini cocok untuk keluarga yang memilki rumah dan mau memasang kamera pengawas yang smart di rumah. Fleksibilitasnya antara lain bisa dikoneksi melalui berbagai  device,” ujar Siti Li, Regional Head of Imou South Pacific, di Jakarta baru-baru ini.

Menurutnya, sistem Imou mudah diatur dan dihubungkan dengan SmartHome. Menyediakan keamanan sepanjang waktu, sistem Imou menawarkan keandalan dan fitur yang profesional. Mudah ditambahkan ke sistem keamanan yang sudah ada, sistem Imou adalah pilihan yang cerdas. Ini seperti menambahkan penjaga keamanan 24 jam selama 7 hari untuk Anda, Imou memberi ketenangan pikiran bagi Anda.

Imou sendiri, menurut Siti Li, memiliki ragam varian IP Cam berkualitas yang ditawarkan untuk berbagai keperluan, dan  memungkinkan setiap orang menjalankan hidup secara nyaman dan aman karena didukung oleh Dahua Technology, produsen CCTV terbesar ke 2 di dunia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: