Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Iris Fontbana, Janda Terkaya di Chili Berkat Warisan Suami

Kisah Orang Terkaya: Iris Fontbana, Janda Terkaya di Chili Berkat Warisan Suami Kredit Foto: Pay Space Magazine
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder dan orang terkaya di Chili, Iris Fontbona adalah pengusaha yang juga seorang janda dari Andrónico Luksic Abaroa. Ia mewarisi Antofagasta PLC dan menjadi wanita terkaya ke-8 di dunia dan orang terkaya ke-91 di dunia.

Fontbona memperoleh kekayaannya setelah kematian suaminya, Andrónico Luksic Abaroa, pada tahun 2005 karena kanker.

Fontbona lahir pada tahun 1942 dan bersekolah di sekolah menengah Katolik. Ketika dia berusia 17 tahun, dia bertemu dengan Andrónico Luksic Abaroa yang berusia 15 tahun lebih tua darinya dan menikah dengannya pada saat dia berusia 20 tahun.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Philip Ng, Miliarder Properti Singapura yang Sangat Taat kepada Tuhan

Sebelumnya, Luksic memiliki lima anak dari istri pertamanya, Patricia Lederer, yang telah mendahuluinya. Fontbona menjadi ibu dari Andrónico Luksic Craig ketika dia berusia 7 tahun. Anak laki-laki lainnya adalah Guillermo Luksic, yang meninggal karena kanker paru-paru pada tahun 2013. Pasangan itu memiliki tiga anak sendiri. Seorang putranya, Davor Luksic memiliki beberapa perusahaan offshare di Panama Papers.

Fontbona menghabiskan waktu di tiga tempat tinggal utama, termasuk Vitacura, Santiago, Chili, bersama dengan Belgravia di London, dan di Liechtenstein.

Meski menjadi janda kaya raya, tetapi sebagian besar bisnis suaminya jatuh ke tangan ketiga putra mereka, Guillermo, Jean Paul, dan Andronico. Jean Paul mengelola Antofagasta, grup pertambangan tembaga Luksic Group dan salah satu perusahaan pertambangan terbesar di dunia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: